Berita Belitung

Birokrasi Pemasaran Lada di Belitung Bakal Dipotong

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Belitung sudah berkoordinasi dan bekerja sama untuk mengatasi harga lada atau sahang yang menurun

Birokrasi Pemasaran Lada di Belitung Bakal Dipotong
Pos Belitung/Disa Aryandi
Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Belitung Destika Effenly. 

POSBELITUNG.CO  - Harga lada yang mengalami penurunan, Selasa (16/4/2019) bakal diperhitungkan kembali oleh perusahaan penampung. Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Belitung sudah berkoordinasi dan bekerja sama untuk mengatasi harga lada atau sahang yang menurun ini.

PT Aman Jaya yang sudah menjadi salah satu perusahaan untuk mengatasi harga lada tersebut. Perusahaan ini, secara langsung berada dibawah Internasional Papper Cummunity (IPC). Sehingga bisa membeli lada, tanpa melalui tangan ke dua, ketiga atau ke empat.

"MoU dengan PT Aman Jaya sudah, dan sekarang kami ingin mengejar MoU dengan IPC langsung. Karena kalau sudah kerjasama dengan IPC, petani bisa langsung menawarkan lada itu kepada IPC melalui aplikasi," ungkap Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Belitung Destika Effenly kepada posbelitung.co, selasa (16/4/2019).

Pembicaraan untuk pemasaran lada ini agar lebih baik, kata Destika, sudah dilakukan beberapa kali kepada PT Aman Jaya. Terutama untuk menentukan grade kualitas lada yaitu grade A, B maupun grade C. Sehingga kualitas lada tersebut bisa terukur dan bisa ditentukan secara kualitas.

Kualitas lada tersebut, dilihat dari teknis berapa nilai keputihan lada itu, kadar air yang terkandung dilada seperti apa serta segala macam teknis yang masih ingin dibicarakan lebih lanjut.

"Ini sebetulnya sekaligus untuk memperbaiki kualitas lada petani. Tapi kami disini lebih memasuki kepada input teknologi kalau dari sisi perkebunan. Ini tinggal bagaimana kedepan nya nanti petani, kalau sudah seperti ini sejelek apapun kualitas lada tetap dibeli," ujarnya.

(Pos Belitung/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved