Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Minta BUMDes atau BUMD Jadi Pengepul Lada

Destika Effenly berharap BUMDes dan BUMD di Kabupaten Belitung menjadi penampung lada dari petani.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Minta BUMDes atau BUMD Jadi Pengepul Lada
Pos Belitung/Disa Aryandi
Destika Effenly

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Belitung Destika Effenly berharap BUMDes dan BUMD di Kabupaten Belitung menjadi penampung lada dari petani.

PT Aman Jaya, perusahaan yang siap membeli lada di Belitung bisa mengambil lada yang siap jual dari BUMDes atau BUMD.

Modalnya, tetap menggunakan anggaran BUMDes dan BUMD ini. Walaupun harga lada ini tidak baku alias turun naik, perusahaan tetap akan memikirikan persoalan tersebut.

"Kalau ke petani tetap harus dibayar langsung di BUMD atau BUMDes nya, tapi kalau dari perusahaan ke BUMDes atau BUMD mereka bayar 70 persen dari lada yang dipesan, sisa 30 persennya dilunasi ketika lada sudah sampai ke pabrik (di Lampung)," kata Destika kepada posbelitung.co, selasa (16/4/2019).

Dikatakannya, perusahaan tidak menentukan kuota yang harus dikirim setiap kali ada permintaan. Mereka akan mengambil setiap minggu, setelah lada tersebut terkumpul di BUMDes atau BUMD.

"Jadi tidak harus 10 atau 20 ton ada, baru dikirim, pokok nya setiap minggu, kalau ada satu truk, ya satu truk itu dikirim. Itu perlu diketahui langsung ke pabrik, jadi tidak lagi melalui A, B, C. Nah dari PT Aman Jaya ini langsung ke user di luar Negeri. Jadi birokrasi yang panjang selama ini dipotong. Ini juga jangan sampai, petani berada dipihak yang lemah," ungkapnya.

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved