Berita Belitung

Ribuan Surat Suara Rusak di KPU Beltim Dimusnahkan

Ribuan lembar surat suara rusak dan kelebihan dimusnahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Belitung Timur.

Ribuan Surat Suara Rusak  di KPU Beltim Dimusnahkan
Posbelitung/Suharli
Ribuan lembar surat suara rusak dan kelebihan dimusnahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Belitung Timur. 

POSBELITUNG.COM-- Ribuan lembar surat suara rusak dan kelebihan dimusnahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Belitung Timur.

Pemusnahan surat suara dengan cara dibakar tepat pada pukul 21.00 WIB, bertempat di halaman gudang logistik KPU Belitung Timur dengan disaksikan unsur Forkopimda, KPU dan Bawaslu.

Ketua KPU Belitung Timur, Rizal menyampaikan KPU Beltim pemusnahan surat suara ini karena saat proses sortir lipat terdapat surat suara dinyatakan rusak dan berlebih.

"Kegiatan ini sudah menjadi prosedur sebagaimana disampaikan KPU RI, surat suara rusak harus dimusnakan sebelum hari pencoblosan 17 April," jelas  Rizal kepada posbelitung.

Usai pelaksanaan kegiatan tersebut dibuatkan berita acara yang ditandatangani oleh Polres Belitung Timur, Bawaslu Belitung Timur dan Bawaslu Belitung Timur.

Rizal menyampaikan pemusnahan ini merupakan bentuk transparansi dari KPU Beltim.

"Ini untuk menghidari prasangkaan masyarakat dan peserta pemilu, dan elemen lainnya bahwa KPU Beltim masih menyimpan surat suara rusak dan berlebih," ujar Rizal

Adapun surat suara yang dimusnahkan terdiri dari surat suara pemilu presiden dan wakil presiden sebanyak 635 lembar, surat suara pemilu DPD 974 lembar, surat suara pemilu DPR 1300 lembar, surat suara pemilu DPRD Provinsi 3282, surat suara pemilu DPRD Kabupaten Dapil 1 sebanyak 230, surat suara pemilu DPRD Kabupaten Dapil 2 sebanyak 882, surat suara pemilu DPRD Kabupaten Dapil 3 sebanyak 144. (Posbelitung.com/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved