Nasi Kapau dan Nasi Padang Tak Sama, Begini Perbedaannya

Menariknya, nasi rames itu punya sebutan berbeda-beda. Ada yang menyebutnya Nasi Kapau, dan ada juga yang menyebutnya Nasi Padang.

Nasi Kapau dan Nasi Padang Tak Sama, Begini Perbedaannya
https://pesona.travel
Ilustrasi penjual nasi kapau 

POSBELITUNG.CO - Hampir di tiap wilayah Indonesia ada Rumah Makan Minang. Sajiannya khas, nasi rames dengan pilihan lauk beraneka ragam.

Menariknya, nasi rames itu punya sebutan berbeda-beda. Ada yang menyebutnya Nasi Kapau, dan ada juga yang menyebutnya Nasi Padang. Mengapa bisa demikian?

Pada dasarnya keduanya berbeda meskipun sama-sama berasal dari Sumatera Barat.

Nasi Kapau merupakan nasi rames khas negeri Kapau, Tilatang Kamang, kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Pada nasi kapau, penyajian dalam satu piring nasi biasanya disertai dengan tiga atau lebih lauk. Di antaranya, gulai cincang, gulai ikan, babek (babat), tambunsu, (usus), telur ayam, dendeng balado, hingga belut goreng. Tak lupa dilengkapi dengan gulai nangka.

Gulai nangka yang menjadi ciri khas Nasi Kapau pun sedikit berbeda. Sebab, gulainya tidak banyak menggunakan santan, sehingga kuahnya tidak terlalu kental. Kemudian, biasanya gulai dicampur dengan kacang panjang, kol, rebung, dan pakis.

Di Sumatera Barat, nasi kapau biasanya disajikan pada rumah-rumah makan yang berada di sekitar Bukittinggi, tepatnya berada di Pasar Bawah.

Selain rumah makan, penjual Nasi Kapau malah biasanya menjajakannya seperti jajanan kaki lima di mana banyak uni-uni (ibu-ibu) yang berdagang menggunakan panci besar yang telah disusun bertingkat.

Untuk memudahkan mengambil berbagai lauk saat melayani pembeli, uni-uni menggunakan sendok lauk bertangkai panjang untuk memudahkannya mengambil pada panic-panci yang jaraknya berjauhan.

Mirip tapi tak sama

Halaman
12
Editor: Novita
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved