Berita Belitung

Stok Banyak, Harga Bawang Mengalami Penurunan

Harga Bawang di Pasar Tanjungpandan Kabupaten Belitung, mengalami penurunan sebelumnya naik hingga 50 persen.

Stok Banyak, Harga Bawang Mengalami Penurunan
Posbelitung/Yuranda
Pedagang bawang sedang mebersikan bawangnya di Pasar Tanjungpandan,Rabu (17/4/2019) 

POSBELITUNG.COM-- Harga Bawang di Pasar  Tanjungpandan Kabupaten Belitung, mengalami penurunan sebelumnya naik hingga 50 persen. Penurunan harga bawang ini baru tiga hari belakangan. 

David (26) satu di antara pedagang bawang di Pasar Tanjungpandan yang ditemui Posbelitung.com, mengatakan penurunan harga bawang tidak begitu banyak cuma berberapa ribu rupiah, dari harga sebelumnya.

"Harga bawang merah sebelumnya Rp 60.000 per kilogram, menjadi Rp 55.000 per kilogram. Penurunan ini dikarenakan bawang dari Berbes sudah mulai masuk. Sehingga stok banyak," kata David.

Sedangkan untuk bawang putih mengalami hal yang sama, harga bawang putih sebelum Rp 40.000 per kilogram menjadi menjadi Rp 36.000 per kilogram.

Senada dengan David, Arijal Arijalu (38) pedagang yang sama mengatakan, sebelumnya bawang naik dikarenakan stok bawang habis, namun sekarang stok bawang dari Berbes banyak sehingga ada penurunan harga juga untuk bawang putih dan bawang merah.

"Harga bawang merah Rp 60.000 per kilogram sebelumnya, sekarang turun Rp 54.000 per kilogram, bawang putih juga mengalami penurunan sebelumnya Rp 40.000 per kilogram,  menjadi Rp 34.000 per kilogram," kata Arijal.

Penurunan harga tersebuti dikarenakan bawang dari Berbes mulai banyak stoknya sehingga, mempengaruh harga bawang itu sendiri.

"Syukurlah, harga bawang turun jadi kami tidak ragu lagi untuk menurunkan harga. Kami kasian dengan pembeli jika bawang dengan harga yang mahal, kami juga susah menjualkan bawangnya," ungkap Arijal.

Untuk pengambilan bawang dengan jumlah yang banyak, bila mengalami kenaikan sangat terasa dan begitupun sebaliknya bila harga turun.

"Kami mengambil dengan jumlah yang banyak, sampai tuju ton bawang merah dan dua ton bawang putih. Bila naik sangat terasa dan juga bila turun sama, kalau naik bawangnya jarang habis. Mereka membeli sedikit saja, " kata Arijal. (Bangkapos.com/Yuranda)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved