Pemilu 2019

Surat Suara Tertukar dan Tercoblos di Belitung, KPU Babel: Ketentuannya Sah untuk Partai Politik

Ketua KPU Bangka Belitung Davitri mengatakan pihaknya juga sudah mendapatkan laporan surat suara tertukar dapil-nya di Kabupaten Belitung.

Surat Suara Tertukar dan Tercoblos di Belitung, KPU Babel: Ketentuannya Sah untuk Partai Politik
Bangka Pos / Hendra
Ketua KPU Babel, Davitri. 

POSBELITUNG.CO - Ketua KPU Bangka Belitung Davitri mengatakan pihaknya juga sudah mendapatkan laporan surat suara tertukar dapil-nya di Kabupaten Belitung.  Beberapa di antaranya bahkan sudah tercoblos oleh pemilih.

"Ini sebenarnya sudah kami maksimalkan untuk tidak terjadi. Tetapi kemudian ada faktor-faktor yang tidak sengaja itu terjadi," kata Davitri, Rabu (17/4/2019) malam kepada bangkapos.com

Terkait ini, menurutnya sudah ada Surat Edaran Bersama KPU dan Bawaslu untuk kasus seperti ini. Ketentuan mengatur surat suara untuk DPR, DPRD tertukar yang sudah terlanjur tercoblos itu tetap sah untuk partai politik. 

"Untuk DPR, DPRD provinsi kabupaten kota itu sah untuk parpol, untuk DPD (jika tertukar dari provinsi lain dan tercoblos) itu tidak sah, tetapi untuk DPD ini tidak terjadi di Babel," katanya sembari menjelaskan temuan ini dicatat dalam formulir C2.

"Ini sebagai catatan kejadian khusus. Kami dan jajaran komisioner sudah menyampaikan ini ke KPU kabupaten Belitung untuk menindaklajuti in sesuai surat edaran bersama itu agar tidak terjadi pertanyaan-pertanyaan di tengah masyarakat,"  katanya.

Pihaknya mendapat laporan surat suara tertukar dapil ini terjadi di 5 TPS di Kabupaten Belitung. Disinggung ini merugikan peserta, Davitri menyebut ada tiga peserta pemilu berdasarkan UU Pemilu, pertama capres dan cawapres, calon perseorangan (DPD), dan ketiga partai politik. 

"Kalau sudah diketahui, kami minta pencoblosannya dihentikan sementara, dan ganti dengan surat suara yang benar. Tidak semua surat suara yang tertukar. Terkait yang tecoblos ini, itu sah untuk partai politik. Karena partai politik itu peserta pemilu, calonnya nanti, dalam penentuan perolehan kursi," ucapnya.

(Bangka Pos / Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved