Skandal Dokter Belanda Terkuak, Buka Praktik Donor Sperma tapi Ternyata Dialah Ayah 49 Anak

"Mereka dibohongi dan pelakunya dokter yang menangani mereka, itu salah. Tapi bagi saya, saya tidak akan ada tanpa donor sperma".

Skandal Dokter Belanda Terkuak, Buka Praktik Donor Sperma tapi Ternyata Dialah Ayah 49 Anak
Eraxion
Ilustrasi sperma 

Skandal Donor Sperma, Dokter Kesuburan Belanda Jadi Ayah 49 Anak

posbelitung.co - Seorang dokter fertilitas di Belanda, Jan Karbaat, diduga menggunakan spermanya untuk membuahi puluhan pasiennya tanpa izin.

Martijn van Halen (39) punya hak untuk marah kepada Jan Karbaat.

Dokter ahli kesuburan itu menipu kedua orangtua Van Halen dan menggunakan spermanya sendiri untuk membuahi ibu Van Halen.

"Tentu saja yang dokter itu lakukan tidak baik. Bagi orangtua saya dan orangtua saudara-saudara saya. Sangat buruk," kata Van Halen kepada kantor berita Associated Press, Senin (15/4).

"Mereka dibohongi dan pelakunya dokter yang menangani mereka, itu salah. Tapi bagi saya, saya tidak akan ada tanpa donor sperma".

Kasus Jan Karbaat telah menyita perhatian publik Belanda karena praktik medis yang tidak etis, isu privasi, pengujian DNA, tarik-menarik hukum dan hak anak-anak untuk mengetahui asal-usul orangtuanya. Jan Karbaat sendiri meninggal pada 2017 dalam usia 89 tahun.

Pekan lalu, hasil-hasil tes DNA memastikan Jan Karbaat adalah ayah dari setidaknya 49 anak.

Jumlah anak sebenarnya mungkin lebih banyak dan tersebar di luar Belanda, mungkin sampai Amerika Serikat.

Ties Van der Meer dari Yayasan Anak Donor Belanda, yang memberikan dukungan untuk anak-anak tersebut mengatakan, Jan Karbaat kemungkinan punya lebih banyak anak.

Halaman
1234
Editor: fitriadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved