Mengapa Pasien Harus Berpuasa Lebih Dulu Sebelum Operasi, Ini Penjelasannya

Apakah ada teman-teman yang pernah menjalani operasi? Bagi teman-teman yang pernah menjalani operasi, mungkin akan dianjurkan untuk berpuasa

Mengapa Pasien Harus Berpuasa Lebih Dulu Sebelum Operasi, Ini Penjelasannya
Pixnio
Pasien harus berpuasa sebelum menjalani operasi 

POSBELITUNG.CO - Ada beberapa penyakit yang membutuhkan prosedur pembedahan atau operasi untuk menyembuhkannya, seperti penyakit usus buntu.

Apakah ada teman-teman yang pernah menjalani operasi? Bagi teman-teman yang pernah menjalani operasi, mungkin akan dianjurkan untuk berpuasa sekitar delapan sampai 12 jam sebelum operasi dilakukan.

Yap, puasa yang dilakukan sebelum operasi ini berarti kita tidak boleh makan maupun minum selama waktu tersebut, teman-teman.

Apa sebabnya kita harus berpuasa lebih dulu sebelum dioperasi, ya?

Saat dilakukan operasi, dokter akan memberikan anastesi atau obat bius yang membuat kita tidak sadarkan diri selama operasi berlangsung.

Nah, saat tubuh kita berada di bawah pengaruh obat bius, tentu kita menjadi tidak sadar akan apa yang terjadi pada tubuh.

 Kita bisa saja mengalami batuk bahkan muntah yang membuat makanan yang kita konsumsi keluar dari sistem pencernaan.

Tubuh yang berada dalam kondisi tidak sadar dan berbaring saat operasiternyata bisa berbahaya, lo, kalau kita tiba-tiba muntah atau batuk.

 Makanan yang naik ke tenggorokan dari sistem pencernaan bisa masuk ke saluran yang salah, yaitu dari tenggorokan saluran pencernaan masuk ke tenggorokan saluran pernapasan.

Hal ini bisa menyebabkan kita tersedak atau bahkan menyumbat saluran napas yang membuat kita kesulitan bernapas, teman-teman.

Halaman
123
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved