Caleg DPRD Belitung dari Golkar Laporkan Dugaan Tindak Pidana Pemilu

Caleg Golkar melaporkan dugaan tindak pidana pemilu yang terjadi saat proses rekapitulasi tingkat PPK kepada Bawaslu Kabupaten Belitung

Caleg DPRD Belitung dari Golkar Laporkan Dugaan Tindak Pidana Pemilu
posbelitung.co/dede s
Caleg DPRD Kabupaten Belitung Dapil Belitung II Aly Satikin menerima tanda bukti laporan dari Ketua Bawaslu Kabupaten Belitung Heikal Fackar, Jumat (26/4/2019). 

POSBELITUNG.CO - Seorang calon legeslatif (caleg) DPRD Kabupaten Belitung Dapil Belitung II Aly Satikin melaporkan dugaan tindak pidana pemilu yang terjadi saat proses rekapitulasi tingkat PPK kepada Bawaslu Kabupaten Belitung, Jumat (26/4/2019).

‎Menurut Aly, pada Kamis (25/4/2019) sekitar pukul 17.30 WIB, saksi dari pihaknya memergoki petugas PPS yang membantu proses rekapitulasi menulis data penghitungan suara ke formulir DA1 tidak sesuai dengan formulir C1 salinan maupun hologram yang dibacakan.

‎Pada saat itu, jajaran PPK Tanjungpandan tengah melakukan proses rekapitulasi untuk TPS 13, Desa Air Saga, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.

"Jadi setelah kami lihat di DA1 ternyata memang berubah dari sebelumnya suara partai empat menjadi dua dan suara caleg nomor urut dua partai Golkar Dapil Belitung II nomor urut dua ‎dari dua menjadi empat," ungkap Aly saat ditemui posbelitung.co di Kantor Bawaslu Kabupaten Belitung.

Bahkan, ia beserta saksi parpol melihat perubahan yang dilakukan oknum tersebut sebanyak tiga kali.

Perbuatan itu dibuktikan pada sebuah foto formulir DA1 yang terdapat tiga coretan di kolom suara partai Golkar dan caleg nomor urut dua.

Selain mekanisme penghitungan rekapitulasi suara, Aly juga mempermasalahkan oknum yang bertugas menulis rekap dalam formulir DA1 tersebut berasal dari PPS Desa Aik Pelempang‎.

Padahal rekapitulasi yang sedang berlangsung justru Desa Air Saga bukan Pelempang Jaya.

"Seharusnya sesuai dengan yang sudah-sudah, yang melakukan rekap itu PPK dan biasanya di back up petugas PPS desa yang bersangkutan yaitu Desa Air Saga," katanya.

Menurut Aly atas temuan tersebut indikasinya sudah jelas ‎dan dirinya meminta agar diproses lebih lanjut. Sehingga ke depan tidak terdapat lagi oknum yang bermain pada proses Pemilu dan menciptakan sebuah pesta demokrasi yang bersih.

"Kami juga kasihan melihat teman-teman petugas yang lain, tim-tim relawan yang bekerja dan semua caleg yang mengharapkan hasil yang benar dalam Pemilu ini," katanya.

Penulis: Dede Suhendar
Editor: fitriadi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved