VIDEO: KPPN, BPBD dan Damkar Lakukan Simulasi Kebakaran dan Evakuasi Bencana

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tanjungpandan melakukan simulasi dan evakuasi bencana untuk ke siap siagaan dalam menghadapi bencana,

TANJUNGPANDAN, POS BELITUNG- Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tanjungpandan melakukan simulasi dan evakuasi bencana untuk keisapsiagaan dalam  menghadapi bencana, Jumat (26/4/2019).

Simulasi ini berkolaborasi dengan Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar), BPBD dan Satuan Polisi Pamung Praja.

Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tanjungpandan, Rd. Yen Yen Nuryeni mengatakan, Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat sekali, awalnya pihak kami hanya diberikan himbawan dari
kepala badan penanggunglangan bencana nasiolan untuk menyelenggarakan kegiatan kesiapsiagaan dalam bencana.

Lanjutnya, untuk melakukan simulasi tersebut pihaknya melakukan kulaborasi dengan tim dari Pemda yaitu Bidang Pemadam Kebajaran (Damkar) dan Bidang Penanggulangan Bencana Daerah, setelah melakukan kolaborasi ternyata mengetahui bahwa manfaatnya.

"Sangat besar bagi kita semua, selain bisa menambah pengetahuan kita juga bisa untuk menyelamatkan diri ataupun orang lain yang ada di sekitar kita," Kata Nuryeni, Kepada Pos Belitung, Jumat (26/04/2019).

Namun ia mengatakan, ada cara-cara yang sangat sederhana ketika menyikapi terjadinya gempa atau kebakaran agar tidak panik, sehingga untuk gerakan tetap terarah, paling tidak bisa menyelamatkan diri sendiri ataupun menyelamatkan orang lain.

"Cara-cara yang telah di lakukan oleh Tim dari Pemda yang sangat berguna, dari simulasi untuk mengevakuasi karyawan prusahaan atau karyawan di gedung pemerintahan, sehingga korban bila terjadi bencana bisa menyelamatkan diri," tambahnya.

Lanjutnya, ia sangat mengapresiasikan kepada teman - teman Pemda untuk melakukan kolaborasi dengan respon positifnya, mudah-mudahan dengan adanya kegiata yang bernilai dan bermanfaat bagi masyarakat Belitung.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Sat Pol PP, Saiman mengatakan dengan adanya kegiatan ini bila ada bencana seperti kebakaran ataupun gempa bumi supay bersiapsiaga dalam mengahadapi bencana serti itu.

perlunya pengenalan alat atau caranya mengunakan supaya bagi instansi atau prusahaan, jika terjadinya bencana bisa menggunakan alat tersebut, sedangkan untuk peralatan sendiri sekarang sangat canggi dan harus dilakukan edukasi pengenalan alat atau simulasi menaggulanagn seperti ini.

"Kami dari Bidang Damkar juga akan membantu apabila terjadinya bencana," katanya.

kepala Bidang Penanggulangan Bencana dan Sat Pol PP, Abdul Sani mengatakan, dengan pola pola seperti ini yang memang salah satu tugas pemerintah terutama Bidang Bidang Penanggulangan Bencana, agar melakukan sosialisasi dan simulasi membantukan, dan meringankan tugas kami.

"Misalnya masyarakat usaha dan pemerinta punya program seperti ini dan kalau dimasyarakat punya kesadaran sendiri. Tentunya akan lebih mebantuh menyukseskan didalam menanggulanagn bencana, kegiatan ini sangat mendukung program dan tugas kami dalam untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, dunia usaha dan pemerintahan," kata Sani. (Pos Belitung/Yuranda)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: fitriadi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved