Partisipasi Pemilih PSU di TPS 04 Lenggang Beltim Menurun

Partisipasi pemilih pada pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 04 Desa Lenggang, Kecamatan Gantung, Belitung Timur, menurun.

Partisipasi Pemilih PSU di TPS 04 Lenggang Beltim Menurun
Posbelitung.co/Suharli
Proses penghitungan surat suara PSU di TPS 04 Desa Lenggang, Kecamatan Gantung, Belitung Timur, Sabtu (27/4/2019). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Partisipasi pemilih pada pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 04 Desa Lenggang, Kecamatan Gantung, Belitung Timur, Sabtu (27/4/2019) menurun dibandingkan pada pemungutan suara pada 17 April lalu.

Wandi warga Desa Lenggang menjadi pemilih pemunguntan suara ulang (PSU) terakhir di TPS 04. Setelah ditutupnya proses pemungutan suara pada pukul 13.00 WIB dilanjutkan dengan penghitungan surat suara.

Menurut Wandi, kejadian ini bisa dijadikan pengalaman kedepannya agar lebih jeli dan teliti lagi. Menurutnya, masyarakat mungkin sebagian bukan tidak mau hadir mengikuti PSU, melainkan waktu hadir ke TPS bersamaan hari kerja, sehingga tidak dapat hadir menyampaikan suaranya.

"Untuk kedepannya ikuti sesuai dengan aturan yang berlaku, karena mungkin masyarakat meskipun punya hak pilih waktunya lagi," ujar Wandi kepada Posbelitung.co, Sabtu (27/4/2018).

Pantauan Posbelitung.co, meskipun TPS sudah ditutup masih ada beberapa orang yang mendatangi TPS untuk mengikuti PSU, namun karena pemungutan suara sudah ditutup tepat pada pukul 13.00 WIB mereka pun mengurungkan niatnya mencoblos.

Anggota komisioner KPU Belitung Timur Rizky Rinaldi menyampaikan setelah selesai proses pemungutan suara, dilanjutkan penghitungan surat suara.

"Setelah dilaksanakan pemungutan suara dilanjutkan dengan penghitungan surat suara, kemudian kotak suara dan perlengkapan logistik langsung akan dibawa ke kantor camat untuk dilakukan rekapitulasi oleh PPK," ujar Rizky.

Rizky menyampaikan pada pemilu 17 April lalu ada sebanyak 226 pemilih yang hadir di TPS 04, sedangkan pada PSU sebanyak 160 pemilih yang hadir, dari total Jumlah DPT di TPS 04 sebanyak 283.

Rizky juga berpendapat pemilih saat PSU menurun karena kemungkinan PSU tidak di hari libur sehingga masyarakat pemilih tidak datang. Sedangkan antusiasme pemilih menurutnya masih cukup tinggi, terbukti masih ada warga yang datang ke TPS meski pemungutan suara sudah ditutup.

"Untuk C6 PSU sudah disampaikan semua ke DPT, mungkin masyarakat pemilih tidak hadir karena bukan hari libur, masih banyak yang bekerja," ujar Rizky. (Posbelitung.co/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: fitriadi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved