Banjir Belitung

VIDEO : Banjir di Kota Tanjungpandan Kali Ini Terparah

Hujan tidak kunjung berhenti dan air laut sekitar pukul 17.00 WIB mulai pasang, sehingga banjir tidak kunjung surut

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Banjir yang melanda Kampung Amau, Kelurahan Parit dan Kampung Damai, Kelurahan Kampung Damai, Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Sabtu (27/4/2019) merupakan banjir terparah sepanjang tahun.

Ada sekitar 500 rumah di dua Kelurahan tersebut tidak terendam banjir dan warga ini sebagian memilih untuk mengungsi ke rumah saudara mereka, dan bertahan di rumah. Ketinggian air merendam rumah warga, hingga pukul 18.30 WIB mencapai dada orang dewasa.

"Umur saya sudah 59 tahun, tidak pernah banjir seperti ini, ini parah benar. Paling parah kemarin itu sampai halaman rumah pernah, nah sekarang ini paling parah benar," kata Mak Iya, warga RT 07/02 Kelurahan Kampong Damai kepada Posbelitung.co, sabtu (27/4/2019).

Curah hujan tinggi yang melanda Kota Tanjungpandan, mulai terjadi pukul 13.00 WIB. Namun air mulai menggenangi rumah warga sekitar pukul 14.00 WIB lantaran air yang membanjiri rumah warga sudah sampai lutut orang dewasa.

"Dulu tahun 2012 pernah banjir parah juga, tapi tidak seperti ini, hanya sampai halaman saja. Sekarang begini yang terjadi, parah benar pokoknya. Mudah - mudahan air laut surut nanti, banjir juga surut. Kami tidak mengungsi, nunggu lah dirumah sebentar, melihat situasi nanti," ucapnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Belitung, Polres Belitung, Kodim 0414 Belitung, Tagana dan relawan secara langsung melakukan evakuasi terlebih dahulu terhadap korban banjir. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved