1001 Dulang De Maras Tahun Menarik Ribuan Pengunjung Wisatawan dan Warga Beltim

1001 Dulang De Maras tahun, menjadi satu di antara rangkaian kegiatan Ngembarik de Belitong Timor.

1001 Dulang De Maras Tahun Menarik Ribuan Pengunjung Wisatawan dan Warga Beltim
Posbelitung/suharli
Kepala Seksi Kelembagaan Kepariwisataan, Peranciscus Aryanto menunjukkan dulang yang akan dibagikan kepada pengunjung 1001 Dulang De Maras tahun, Minggu, (29/4/2019) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - 1001 Dulang De Maras tahun, menjadi satu di antara rangkaian kegiatan Ngembarik de Belitong Timor.

1001 dulang pun disiapkan untuk 4004 orang, oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) yang melibatkan Masyarakat Desa Simpang Tiga, Kecamatan Renggiang Kabupaten Belitung Timur

1001 dulang demaras tahun ini dipusatkan di lapangan sepakbola Desa Simpang Tiga.

Event ini menarik Ribuan pengunjung baik dari masyarakat Beltim maupun wisatawan lokal yang kebetulan melintas di acara tersebut.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur, Evi Nardi menyampaikan 1001 dulang ini untuk mengajak masyarakat se Pulau Belitung untuk makan bersama-sama di puncak acara even Ngembarik de Belitong Timor.

Menurut Evi 1001 dulang ini malah melebihi 1001 dulang, karena melihat jumlah pengunjung dalam kegiatan tersebut lebih dari harapan awal mereka.

"1001 dulang saja ada empat orang yang makan berdulangnya, sekitar 4004 orang, namun sudah kami antisipasi menyiapkan untuk 5000an lebih pengunjung, terbukti ada juga wisatawan-wisatawan lokal yang mampir ke sini, jadi kami persilahkan juga biar sama-sama merasakan makan bedulang," ujar Evi kepada posbelitung, Minggu (29/4/2019).

Bupati Belitung Timur bersama Forkopimda, berserta tamu undangan lainnya saat makan bedulang, dalam kegiatan 1001 Dulang De Maras tahun. Minggu, (29/4/2019)
Bupati Belitung Timur bersama Forkopimda, berserta tamu undangan lainnya saat makan bedulang, dalam kegiatan 1001 Dulang De Maras tahun. Minggu, (29/4/2019) (Posbelitung/suharli)

Makan bedulang merupakan tradisi turun temurun masyarakat pulau Belitung, makan bedulang ialah prosesi makan bersama yang terdiri dari empat orang duduk bersila mengitari dulang berisikan makanan.

Evi menjelaskan dalam dulang tersebut terdapat makanan yakni, sate ikan, sambal serai, rebus nangka muda, ayam ketumbar, dan juga Gangan (makanan berkuah khas Belitung).

Saking banyaknya dulang yang disajikan, juga menjadi objek swafoto para pengunjung yang datang dalam kegiatan 1001 Dulang De Maras tahun.

(Posbelitung.co/suharli)

Penulis: Suharli
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved