Karakter Pasangan Tentukan Kesuksesan dalam Hidup

Orang berkata, kesuksesan di masa depan tergantung dengan siapa kita bergaul. Pandangan ini benar, tapi sains berkata ada faktor penting

Karakter Pasangan Tentukan Kesuksesan dalam Hidup
TRIBUNFILE/IST
Ilustrasi pasangan 

POSBELITUNG.CO - Orang berkata, kesuksesan di masa depan tergantung dengan siapa kita bergaul. Pandangan ini benar, tapi sains berkata ada faktor penting yang kadang diabaikan, yakni pasangan.

Menurut studi yang diterbitkan Carnegie Mellon University, pasangan adalah orang yang paling diandalkan dalam mengambil keputusan.

Hal inilah yang pada akhirnya menentukan apakah kita berpeluang sukses atau gagal dalam hidup.

"Bila seseorang memiliki pasangan yang mendukung, dia berpeluang lebih sukses. Ini karena mereka terpacu untuk melakukan hal baru yang lebih menantang," kata studi tersebut.

Kesimpulan itu didapat ilmuwan Carnegie Mellon University setelah mempelajari 163 pasangan yang sudah menikah. Setiap pasangan diminta untuk memecahkan teka-teki dan bersaing demi mendapat hadiah. Mereka bebas memilih permainan, dari yang sederhana sampai sulit.

Ketika peserta sedang bermain dengan pasangan, ahli mencatat ekspresi dan perilaku peserta. Mereka menemukan, orang dengan pasangan optimis dan suportif akan lebih terpacu untuk menyelesaikan tantangan sulit.

Sementara orang dengan pasangan mudah putus asa, cenderung memilih permainan sederhana. Penelitian tidak berhenti sampai di situ, ahli kembali mengamati pasangan yang sama 6 bulan kemudian.

Mereka menemukan, pasangan yang memilih tantangan sulit memiliki hubungan, kesehatan mental, kesejahteraan, keharmonisan, dan kebahagiaan yang lebih baik. Brooke Feeney penulis utama studi dan profesor psikologi mengatakan, pilihan dalam setiap keputusan penting berhubungan dengan kesejahteraan jangka panjang.

" Pasangan yang mendukung dalam mengambil keputusan akan sangat membantu Anda untuk berkembang.

Namun mereka (pasangan) juga bisa menghambat kemampuan diri, inilah yang membuat peluang sukses kecil," kata Feeney melansir Ideapod edisi Januari. Ini bukanlah sekadar teori, tapi benar-benar dialami banyak pasangan.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved