Disbudpar Kabupaten Belitung Timur Gelar Pelatihan Fotografi

Disbudpar Kabupaten Belitung Timur, menggelar pelatihan fotografi di Guest Hotel, pada 23-26 April 2019.

Disbudpar Kabupaten Belitung Timur Gelar Pelatihan Fotografi
IST
Disbudpar Kabupaten Belitung Timur Gelar Pelatihan Fotografi 

POSBELITUNG.CO--BIDANG Pemasaran Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Belitung Timur, menggelar pelatihan fotografi di Guest Hotel, pada 23-26 April 2019.

Kegiatan ini merupakan rangkaian pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) Kepariwisataan.

Pelatihan fotografi diikuti 18 desa yang memiliki objek wisata, dengan jumlah peserta sebanyak 20 orang. Para peserta berasal dari komunitas dan Karang Taruna dari desa-desa tersebut.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur Evi Nardi mengemukakan, pelatihan ini bertujuan agar peserta nantinya dapat urun andil dalam mempromosikan wisata di Kabupaten Belitung Timur, khususnya objek wisata yang ada di desa masing-masing.

“Dalam pelatihan, mereka tidak hanya diberikan teori-teori dasar fotografi saja, tapi juga kami adakan praktek foto di lapangan. Lokasi yang dipilih di objek wisata Tebat Rasau,” kata Evi, Senin (29/4).

Evi berharap, melalui komunitas yang mengikuti pelatihan ini, masing-masing desa nantinya bisa berperan aktif dalam mempromosikan potensi objek wisata di desanya melalui fotografi.

“Jadi mereka bisa promosi objek wisata di desa mereka, melalui hasil karya fotografi mereka yang nantinya bisa di-upload (unggah) di media sosial,” ujar Evi.

Sementara itu, Kepala Seksi Kelembagaan Kepariwisataan Peranciscus Aryanto mengatakan, mempromosikan wisata yang ada di Belitung Timur tidak hanya harus dari Disbudpar. Namun juga diperlukan peran semua lapisan masyarakat guna memajukan mengenalkan objek wisata yang ada di Belitung Timur keluar daerah.

“Kalau hanya dari dinas kan, mungkin kami juga punya keterbatasan. Belum tentu dalam satu bulan kami bisa rata mempromosikan untuk 18 desa yang menjadi fokus objek wisata. Nah, dari mereka ini lah yang diharapkan bisa aktif. Kami pun tetap berkoordinasi dengan bidang destinasi sehingga kami bisa melihat desa mana yang akan menjadi prioritas kami dalam pengembangan,” jelas Perans.

Narasumber kegiatan, kata Perans, berasal dari komunitas fotografi yang sudah terbilang expert (ahli), seperti Belitung Island Photographer Community (BIPCOM) dan Camera Belitung Community (CABEL).

(adv/q5)

Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved