VIDEO : Asdep Perlindungan Anak Minta Desa/Kelurahan di Belitung Bentuk PATBM

Arahan untuk membentuk PATBM ini, kemarin disampaikan oleh Asisten Deputi (Asdep) Perlindungan Anak dalam Situasi Darurat

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Camat dan Pemerintah Desa/Kelurahan di Kabupaten Belitung diarahkan membentuk kelompok Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM).

Kelompok sosial tersebut, harus dimiliki oleh Pemerintah Desa/Kelurahan untuk mengantisipasi pencegahan kekerasan terhadap anak.

Arahan untuk membentuk PATBM ini, disampaikan oleh Asisten Deputi (Asdep) Perlindungan Anak dalam Situasi Darurat dan Pornografi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan, Perlindungan Anak Republik Indonesia Darmawan pada kegiatan sosialisasi PATBM di Hotel Billitone.

Tentunya pembentukan PATBM ini, untuk menguatkan kapasitas masyarakat atau aktivis pencegahan kekerasan terhadap anak secara mandiri, khusus nya untuk perlindungan Anak dan korban kekerasan. Sehingga tidak terjadi pembiaran, apabila menjumpai kekerasan terhadap permasalahan tersebut.

"Ini sebetulnya perlindungan anak berbasis masyarakat, jadi disini lebih mengaktifkan aktivis - aktivis dilingkungan setempat. Kenapa harus warga setempat, karena mereka lebih paham dengan lingkungan sekitar," kata Darmawan kepada Posbelitung.co, Kamis (2/5/2019).

Tentunya PATBM ini harus dibentuk, kata dia, sebagai suatu bentuk pencegahan terhadap kekerasan anak. Disamping itu, PATBM ini mengupayakan usulan kebijakan, penjangkauan dan pendampingan terhadap kasus kekerasan terhadap anak.

"Tentu pula bisa bersinergi dengan unit lain, misalkan aktivis Pos Yandu sama - sama mendata permasalahan stanting yang ditemukan. Anak usia berapa yang ditemukan, jenis kelamin apa, dan lapor ke dinas kesehatan. Tapi perlu diketahui, PATBM ini tidak menangani kasus," ujarnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: fitriadi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved