Ahli Gizi Ungkap Alasan Kesehatan di Balik Sunah Makan Kurma saat Berbuka Puasa

Hal ini bisa terlihat dari indeks glikemik atau ukuran kecepatan makanan berubah menjadi gula dalam pencernaan manusia.

Ahli Gizi Ungkap Alasan Kesehatan di Balik Sunah Makan Kurma saat Berbuka Puasa
Tribun Sumsel
Khasiat Kurma 

posbelitung.co - Bulan Ramadhan identik dengan buah kurma. Hal ini berhubungan dengan sunah Nabi Muhammad, yaitu berbuka dengan kurma serta air putih.

Seperti disunahkan, buah kurma mempunyai segudang manfaat yang cocok untuk berbuka puasa. Ahli gizi komunitas, dr Tan Shot Yen menyebut sunah nabi tersebut punya makna tertentu.

"Pertama, tubuh butuh rehidrasi. Berbuka pyasa prinsipnya adalah membatalkan puasa," ungkap Tan kepada Kompas.com melalui surat elektronik, Senin (06/05/2019).

"(Tujuan berbuka adalah) dengan rehidrasi yang cukup (karena masalah utama puasa adalah dehidrasi, alias tubuh kekurangan air) dan takjil yang tidak memberatkan pencernaan atau terlalu cepat dicerna jadi gula," imbuhnya.

Artinya, buah kurma adalah takjil yang tidak memberatkan pencernaan.

Hal ini bisa terlihat dari indeks glikemik atau ukuran kecepatan makanan berubah menjadi gula dalam pencernaan manusia.

Dalam angka, Tan menuliskan indeks glikemik manusia terbagi menjadi rendah (kurang dari 55), sedang (56 hingga 69), dan tinggi (lebih dari 70). Jika merujuk pada indeks tersebut, nasi putih, roti gandum, roti putih, dan bubur nasi punya indeks glikemik tinggi.

Sedangkan nasi merah dan kurma punya indeks glikemik sedang. Contoh makanan dengan indeks glikemik rendah adalah kismis.

Dengan data tersebut, takjil terbaik untuk berbuka adalah makanan dengan indeks glikemik sedang dan rendah.

Sebaliknya, jika berbuka dengan makanan berindeks glikemik tinggi membuat kondisi gula darah kita seperti "yoyo". Kondisi yoyo ini berarti gula darah dengan cepat melonjak tapi juga mudah turun.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved