VIDEO: Loka POM Mulai Periksa Sampel Takjil di Belitung

Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) Belitung melakukan pemeriksaan sampel takjil yang dijual di Tanjungpandan.

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) Belitung melakukan pemeriksaan sampel takjil yang dijual di Tanjungpandan.

Ada 19 sampel makanan yang dibeli di dua lokasi yang kemudian diuji menggunakan rapid test kit melalui laboratorium keliling Loka POM Belitung.

Pengujian tersebut buat mengetahui sampel makanan mengandung bahan pengawet dan pewarna berbahaya.

"Hari ini pemeriksaan hari pertama ke sampel makanan, ada empat parameter yang diuji, apakah mengandung boraks, formalin, rhodamin B, dan metanil yellow," ujar Kepala Loka POM Belitung Iswadi, Rabu (8/5/2019).

Karena menguji keempat parameter tersebut, maka sampel makanan yang diambil pun berindikasi misalnya buat pengujian rhodamin B yang biasanya digunakan sebagai pewarna merah, maka diambil sampel makanan berwarna serupa.

"Alhamdulillah sampai saat ini dari pengujian yang dilakukan semua jajanannya bagus, belum ada yang mengandung bahan berbahaya," imbuhnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, rencananya Loka POM akan melakukan pemeriksaan takjil di sembilan titik di Pulau Belitung. Pengecekan jajanan selama Ramadan ini pun masing-masing akan dilakukan di lima lokasi di Belitung dan empat lokasi di Belitung Timur. (Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: fitriadi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved