Berita Belitung

Belitung Harus Miliki Perda Anak sebagai Persiapan Menuju Kabupaten Layak Anak

Pembenahan paling strategis yang harus dilakukan pemerintah kabupaten Belitung agar menuju Kabupaten Layak Anak (KLA)

Belitung Harus Miliki Perda Anak sebagai Persiapan Menuju Kabupaten Layak Anak
Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari
Kegiatan dialog Tim Verifikasi Lapangan Kabupaten Layak Anak dengan Kepala Daerah dan Gugus Tugas Kabupaten Belitung di ruang rapat pemkab, Jumat (10/5/2019). 

POSBELITUNG.CO - Pembenahan paling strategis yang harus dilakukan pemerintah kabupaten Belitung agar menuju Kabupaten Layak Anak (KLA) ada beberapa poin. Seperti dari sisi regulasi mulai dari peraturan daerah (perda) dan peraturan bupati (perbup) yang saat ini masih lowong.

Hal tersebut disampaikan tim verifikator lapangan Taufieq Uwaidha saat ditemui posbelitung.co di ruang rapat Pemkab Belitung, Jumat (10/5/2019).

"Kalau kluster kesehatan dan pendidikan sudah bagus, hanya harus mulai membenahi pencegahan dan penanganan khusus anak. Tapi karena regulasi belum ada makanya belum bisa," katanya.

Ia menjelaskan terkait pengasuhan dan perlindungan khusus anak di Kabupaten Belitung masih cenderung terhadap tindakan pencegahan. Sementara mandat dari undang-undang ada dua, selain melakukan pencegahan juga harus melakukan penanganan jika memang ada anak yang menjadi korban atau pelaku kasus tertentu.

"Kalau memang terjadi anak yang korban harus ada penanganan yang baik yang memerlukan SOP dan mekanisme yang tepat, itu yang harus dikembangkan kabupaten Belitung yang bisa dilakukan lebih dulu," imbuhnya.

Selain itu, usai mengunjungi beberapa lokasi penilaian, ia mengungkapkan masih kurangnya ruang bermain anak, pojok laktasi, dan pojok baca di ruang publik seperti kantor desa.

"Tapi saya yakin mungkin dengan pendampingan dan dorongan yang baik, saya kira nanti desa akan berbenah dan memenuhi hal tersebut, sama halnya dengan kabupaten. Kalau bupati didukung OPD tentu saja bisa jadi melampaui tingkatan tadi," lanjutnya.

Saat ini, status KLA Kabupaten Belitung menduduki jenjang pratama dari lima jenjang yang ada yakni pratama, madya, nindya, utama, dan kabupaten/kota layak anak. Ia menjelaskan, pada dasarnya ketika sudah ada proses verifikasi lapangan, sebenarnya kabupaten Belitung sudah lolos verifikasi administrasi. Sudah lolos dan menjadi nominator kandidat penghargaan sebagai kabupaten/kota layak anak untuk 2019 ini.

Ia menjelaskan, saat ini pun memang belum ada satu pun kabupaten/kota di Indonesia yang memenuhi kriteria sebagai KLA. Baru dua kabupaten/kota yang memiliki jenjang utama yakni Surakarta dan Surabaya.

"Saya rasa kalau memang komitmen pelaksanaan indikator bisa dijawab dengan baik, bisa saja melampaui (jenjang, red). Tapi membutuhkan kerja keras yang luar biasa dan sebenarnya kalau berbicara potensi, potensi Kabupaten Belitung sangat luar biasa," katanya.

(Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved