Berita Pangkalpinang

BPOM Pangkalpinang Temukan Apem Mengandung Rhodamin B, Bahayanya Bisa Sebabkan Kanker

Kepala BPOM Pangkalpinang, Hermanto mengatakan dari 82 sampel makanan atau takjil yang diuji ada satu makanan yang mengandung rhodamin B

BPOM Pangkalpinang Temukan Apem Mengandung Rhodamin B, Bahayanya Bisa Sebabkan Kanker
Bangka Pos/Krisyanidayati
Badan Pengawas Obat dan Makanan Pangkalpinang melakukan uji sampel terhadap takjil di kawasan Pasar Pagi Pangkalpinang, Jumat (10/5/2019). 

POSBELITUNG.CO - Kepala BPOM Pangkalpinang, Hermanto mengatakan dari 82 sampel makanan atau takjil yang diuji ada satu makanan yang mengandung rhodamin B pada apem.

Apem yang mengandung rhodamin ini ialah apem yang berwarna merah yang bentuknya merekah. 

BPOM menguji sample takjil dari beberapa pusat takjil  di kecamatan Girimaya, Rangkui, Taman Sari dan Gerunggang.

"Dari 82 sampel yang kami uji selama dua hati ini di Pangkalpinang, 81 sampelnya aman dan layak konsumsi. Tapi ada satu sampel yang mengandung rhodamin B yaitu pada kue apem," kata Hermanto saat mengumumkan hasil uji di kawasan Pasar Pagi Pangkalpinang, Jumat (10/5/2019).

Hermanto menyebutkan, uji dilakukan dengan menggunakan rapid test kat atau tes cepat untuk menguji formalin, boraks, rhodamin dan metanil yellow.

"Hanya satu itu, Alhamdullillah untuk yang lainnya aman. Ada banyak yang kami uji otak-otak, baulu kukus, bakso, sincau," katanya.

Rhodamin B yang Terkandung di Takjil, Bisa Sebabkan Kanker

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Pangkalpinang, Hermanto mengatakan makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti boraks, formalin, rhodamin B dan metanil yellow memang tidak berdampak langsung bagi kesehatan, namun memiliki efek jangka panjang.

"Bahan-bahan berbahaya ini efeknya memang tidak langsung tapI jangka panjang sekitar 5-10 tahun terjadi kanker," kata Hermanto usai mengumumkan hasil uji sampel takjil BPOM di kawasan Pasar Pagi Pangkalpinang, Jumat (10/5/2019).

Diketahui BPOM Pangkalpinang menemukan satu sampel makanan yakni apem yang mengandung rhodamin dari 82 sampel yang diuji.

Halaman
12
Penulis: krisyanidayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved