Berita Belitung

DPPPAS Kabupaten Belitung Akan Siapkan Regulasi Pemenuhan Hak Anak

Nantinya akan dibuat perda terkait perlindungan hak anak yang saat ini sudah didiskusikan dengan bagian hukum pemkab Belitung agar diprioritaskan.

DPPPAS Kabupaten Belitung Akan Siapkan Regulasi Pemenuhan Hak Anak
Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari
Tim verifikasi lapangan KLA dengan Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie dan stakeholder terkait di ruang rapat Pemkab Belitung, Jumat (10/5/2019). 

POSBELITUNG.CO  - Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Sosial (DPPPAS) Kabupaten Belitung Haziarto mengatakan buat menuju kabupaten layak anak (KLA) memang perlu disiapkan regulasi terkait perlindungan anak.

Sebelumnya dikarenakan penamaan dinas yakni pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, pihaknya pun berfokus pada regulasi berkaitan dengan pemenuhan hak perempuan dan anak.

"Ternyata indikator KLA harus terpisah. Kemudian dengan ada tim ini memicu kami melengkapi kekurangan variabel yang menjadi tolak ukur kabupaten layak anak," ujarnya usai kegiatan dialog dengan tim verifikasi lapangan KLA di ruang rapat Pemkab Belitung, Jumat (10/5/2019).

Ia melanjutkan, nantinya akan dibuat perda terkait perlindungan hak anak yang saat ini sudah didiskusikan dengan bagian hukum pemkab Belitung agar diprioritaskan. Namun sebelum dibuat perda akan diawali peraturan bupati yang menyangkut hak asuh anak, pembentukan kelembagaan anak di tingkat kecama hingga desa serta pemenuhan fasilitas pengasuhan anak, dan pemenuhan sarana bermain.

Pihaknya pun akan mendorong adanya fasilitas anak di ruang publik. Saat ini, ia mengatakan sudah ada beberapa sekolah SD dan SMP yang menjadi pilot project sebagai sekolah ramah anak.

"Maksud sekolah ramah anak menyangkut pelayanan dan kepedulian terhadap anak," imbuhnya.

Buat pemenuhan hasil verifikasi lapangan KLA ini, pihaknya pun diberi waktu dua hari agar melengkapi kekurangan.

"Akan dilengkapi seperti regulasi lain terkait kegiatan hak perlindungan anak. Kami akan berusaha semampu mungkin untuk melengkapi hal-hal yang memang bisa dilengkapi," tuturnya.

(Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved