Staf KPU yang Bertugas Uploud Data ke SITUNG Curhat Sindir Tukang Fitnah dan Penyebar Hoax

Curhat Staf KPU yang Bertugas Uploud Data ke SITUNG, Sindir Tukang Fitnah dan Penyebar Hoax

Staf KPU yang Bertugas Uploud Data ke SITUNG Curhat Sindir Tukang Fitnah dan Penyebar Hoax
Facebook/Muh Heri Suryono
Staf KPU Kulon Progo 

POSBELITUNG.CO -- Proses Situng yang digelar KPU melalui laman resmi pemilu2019.kpu.go.id menjadi polemik. Mulai dari persoalan salah input data hingga tuduhan rawan kecurangan oleh beberapa pihak.

Sebenarnya seperti apa kerja operator Situng KPU yang bertugas di sejumlah KPU yang terbesar di kabupaten kota seluruh Indonesia.

Muh Heri Suryono, seorang staf KPU di Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta mengungkapkan bagaimana tugas beratnya sebagai operator data KPU.

Heri yang pernah bertugas sebagai staf KPU Pangkalpinang di Bangka Belitung memuat curhat di laman Facebook miliknya.

Ia memposting sebuah gambar, kerja seorang operator data SITUNG.

Berikut curhat Muh Heri Suryono:

Uploud SITUNG
Uploud SITUNG (Facebook/ Muh Heri Suryono)

"Gambar ini mungkin sederhana bagi orang awam, namun bagi kami yang mengabdi di lembaga negara penyelenggara pemilu 2019 terselip perjuangan yang lebih berat dibanding pemilu sebelum sebelumnya.

Gambar tersebut adalah pemenuhan 100% entry / input data dan scan / pindai formulir C1 dalam situng / sistem penghitungan suara pemilu 2019, yg biasanya di pemilu sebelumnya bisa diselesaikan kurang dari seminggu ternyata di pemilu serentak kali ini perlu tiga minggu agar bisa menyelesaikan situng utk entry dan scan yg hanya 1258 tps di kabupaten kami.

Berbagai masalah seperti c1 yang masuk kotak padahal seharusnya ada yg harus disampaikan di kpu kab/kota, salinan c1 yg tidak utuh untuk 5 pemilihan (mohon dicatat petugas kpu tidak hanya input pilpres saja namun 5 pemilihan), salah input dari petugas kpps yg harus diinput ulang apa adanya oleh kami, dan juga salah input oleh petugas kab/kota krn kelelahan (tenang bro ketika input penjumlahan salah akan ada warning / peringatan jd tdk ada kesengajaan utk manipulasi suara) verifikator yg terbatas jumlahnya,

Ketahuilah kami operator di kab/kota sangat sulit sekali utk merampungkan 100% scan dan entry C1 (rekap TPS) , DAA (kelurahan) DA (rekap kecamatan), DB (rekap Kab/kota) di pemilu serentak kali ini, mungkin saat ini bisa dihitung ada berapa kab/kota yg clear 100% situng. saya aja yg tiap hari menempuh 84km PP tiap hari, khusus untuk menyelesaikan situng hampir selama 2 minggu stlh pencoblosan hanya pulang ke rumah sekali setiap 3 hari 3 malam malam demi menjaga ritme istirahat agar tidak gampang sakit dan cepat selesai dgn target kpu ri, sebagai salah satu instrumen keterbukaan informasi pemilu,

Halaman
1234
Penulis: Teddy M (tea)
Editor: teddymalaka
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved