Ternyata Ada Banyak Manfaat Mengenalkan Puasa Pada Anak Sejak Dini

Anak yang belum memasuki masa puber memang tidak diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini.

Ternyata Ada Banyak Manfaat Mengenalkan Puasa Pada Anak Sejak Dini
KOMPAS/AGUS SUSANTO
Ilustrasi Ramadhan: Umat Islam menjalankan shalat di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (20/8/2010). Ramadhan dipergunakan sebaik-baiknya oleh umat Islam untuk mencari pahala, antara lain dengan membaca Al Quran, beriktikaf, dan shalat tarawih. 

POSBELITUNG.CO - Anak yang belum memasuki masa puber memang tidak diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini.

Namun, sebagai orangtua tidak ada salahnya untuk mengajarkan puasa sejak dini kepada anak. Diharapkan, saat anak sudah wajib puasa nantinya, ia dapat menjalankan ibadahnya dengan baik.

Meski mengajarkan puasa kepada anak mungkin susah-susah gampang, ternyata ada banyak manfaat mengenalkan puasa pada anak sejak dini.

Laman Sahabat Keluarga Kemendikbud menjelaskan setidaknya ada 6 manfaat mengenalkan manfaat puasa pada anak:

1. Kembangkan kecerdasan spiritual

Anak sejak dini dilatih melaksanakan ibada puasa akan menambah keimanannya kepada Tuhan. Hal ini akan membawa dampak meningkatnya ketaatannya menjalankan perintah agama.

Tidak hanya melakukan ibadah puasa, di bulan Ramadhan anak juga dapat diajak melaksanakan ibadah lain salat tarawih bersama.

Diyakini, dengan melakukan puasa, tarawih, dan berbagai kegiatan keagamaan di bulan Ramadan maka kecerdasan spiritual anak akan kian berkembang.

2. Kembangkan kecerdasan emosional

Berpuasa juga identik menahan hawa nafsu; menahan lapar, dahaga, marah, dan berbagai aspek negatif lainnya.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved