Berita Belitung

Darmawan Sulap Pelepah Kelapa Jadi Karya Seni

Berbagai inovasi dan kreasi dari tangan-tangan seniman Belitung ‎tercipta menambah keberagaman seni kriya serta rupa.

Darmawan Sulap Pelepah Kelapa Jadi Karya Seni
Posbelitung/Dede Suhendar
Darmawan alias Engon tengah menyelesaikan lukisan menggunakan pelepah kelapa, Senin (13/5/2019) 

POSBELITUNG.CO-- Berbagai inovasi dan kreasi dari tangan-tangan seniman Belitung ‎tercipta menambah keberagaman seni kriya serta rupa.

Meskipun belum dilirik pemerintah, namun mereka terus berkarya demi mendukung perkembangan pariwisata Negeri Laskar Pelangi.

Seperti yang dilakukan Darmawan seniman Belitung yang kembali‎ mengkolaborasikan seni lukis menggunakan pelepah kelapa sebagai kanvasnya.

Alhasil, pelepah kelapa kering yang sebelumnya berserakan di pesisir pantai berubah menjadi lukisan kalikatur wajah baik manusia hingga hewan.

"Memang lukisan yang dikenal palm art ini sudah ada di daerah pesisir pantai di Hawai. Tidak ada salahnya kita tiru‎ karena sama-sama daerah pantai, kenapa tidak kita hidupkan, di luar sesuatu yang sudah ada kita coba gabungkan dengan yang baru," ujar pria yang akrab disapa Engon itu saat ditemui posbelitung.co, Senin (13/5/2019).

Menurut lelaki berusia 50 tahun itu, seni lukis tidak hanya terbatas pada kanvas. Menurutnya alam sekitar kita telah menyediakan berbagai macam kanvas yang bisa dimanfaatkan sebagai ‎media lukis.

Hal itu sudah dibuktikan oleh Engon dengan memanfaatkan pelepah kelapa yang berserakan di pesisir pantai menjadi sebuah karya seni bernilai.

Bahkan pelepah kelapa sudah membantu memberikan sketsa wajah menyerupai bentuk hidung dan mulut.

Sehingga guratan kuas berbalut cat warna acrilic hanya mempertajam rupa yang diinginkan.

"Kalau orang lain bisa kenapa kita tidak. Artinya seni ini kita transformasikan lagi untuk mendukung pariwisata kita, karena ini bisa dijadikan oleh-oleh dari Belitung," jelas Ergon.

Halaman
12
Penulis: Dede Suhendar
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved