VIDEO : Operasi Pasar, Kebutuhan Bawang Putih di Kabupaten Belitung Terpenuhi

Ditambah dengan kebutuhan usaha kecil seperti berjualan mie ayam, bakso, dan makanan kecil lainnya, kini terbilang sudah mencukupi.

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kabid Usaha Perdagangan, Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Ketenagakerjaan Kabupaten Belitung Wigman WS mengatakan, kebutuhan bawang putih di Kabupaten Belitung kini sudah terbilang cukup untuk rumah tangga.

Begitu pun untuk kebutuhan usaha kecil seperti berjualan mie ayam, bakso, dan makanan kecil lainnya, kini terbilang sudah mencukupi. Hanya saja, kebetulan sekarang merupakan bulan Ramadan, sehingga kebutuhan bawang putih itu, menjadi meningkat 10 persen.

"Kalau untuk rumah tangga, sudah cukup sebetulnya. Kalau untuk rumah makan besar juga, mereka sudah punya pasokan sendiri. Tapi sekarang masih tahap aman, hanya tinggal permasalahan harga saja," ungkap Wigman kepada Posbelitung.co, Senin (13/5/2019).

Harga yang diecerkan oleh pedagang di pasaran, kini belum normal alias masih terbilang tinggi. Namun harga yang ada sekarang ini, sudah sedikit menurun dari harga bawang putih sebelumnya yang mencapai Rp 70.000,- per Kg.

"Kalau sekarang ada yang Rp 35.000,- , Rp 40.000,- per Kilogram. Ya mudah - mudahan dengan adanya operasi pasar ini bisa menekan harga lagi," ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Belitung bekerjasama dengan PT Cahaya Bahari Belitung (CBB) melakukan operasi pasar bawang putih. Perusahaan PT CBB ini, dimiliki oleh pengusaha Jakarta bernama Rustam, dan owner PT CBB mantan Kapolres Belitung Irjen Pur Drs Iwan Hari Sugiarto, dan koordinator PT CBB Then Herry.

Perusahaan itu, memasarkan bawang putih murah sebanyak 3 ton. Rencana akan di sebar di setiap Kecamatan yang terjangkau.

Operasi pasar ini, akan terlaksana selama dua hari ke depan dengan sasaran untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, dan pedagang kecil. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: fitriadi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved