Berita Belitung

Harga Tiket Pesawat Melonjak, Biaya Pembuatan Paspor Hanya Turun Rp 5.000

Biaya pembuatan paspor mengalami penurunan harga, sebelumnya biaya sebelumnya sebesar Rp 355.000, untuk satu paspor sekarang sudah Rp 350.000

Harga Tiket Pesawat Melonjak, Biaya Pembuatan Paspor Hanya Turun Rp 5.000
Posbelitung/Yuranda
Petugas Kantor Imigtasi Kelas II TPI Tanjungpandan Kabupaten Belitung. Selasa(14/5/2019) 

POSBELITUNG.CO-- Kepala Seksi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian, Tanjungpandan, Oktya Hartari Putri menjelaskan untuk biaya pembuatan paspor mengalami penurunan harga, sebelumnya biaya sebelumnya sebesar Rp 355.000, untuk satu paspor sekarang sudah Rp 350.000 hanya turun sebesar Rp 5.000.

"Jadi mengalami penurunan untuk biaya tersebut. Dimana harga komoditas dan tiket naik, paspor sendiri turun," kata Oktya, kepada posbelitung.com, Selasa (14/5/2019)

Sedangkan untuk menggantian paspor yang hilang sebelumnya Rp 300.000, sekarang mencapai Rp 1 juta. Baik hilang masih berlaku maupun hilang sudah tidak berlaku lagi.

"Kalau hilang dan tidak ada bukti fisiknya, kami akan lakukan BAP dan biaya dendanya 1 juta, karena itu pembayarannya langsung kirim ke negara, untuk pembayarannya lewat bank bukan lewat kita lagi," jelas Oktya.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No 28 tahun 2019 tentang jenis dan tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak (PNBP), yang berlaku kepada kementerian hukum dan hak asasi manusia (HAM).

"Kalau paspornya hilang kan kita minta surat keterangan hilang dari kepolisian dan langsung kami lakukan BAP, setelah dilakukan proses BAP, setelah sudah di setuju, kami lakukan pembuatan paspor ulang," katanya..

Menurut Oktya, orang yang membuat paspor itu tidak semuanya keluar negeri justru untuk persiapan jika suatu saat diperlukan paspor sudah ada dan langsung berangkat. Kebanyakan mereka yang membuat paspor untuk keperluan umroh.

"Biasanya kita dalam sehari kami melayani pemohon pembuatan paspor sebanyak 15 sampai 20 pemohon. Misalkan dalam sebulan kita mengeluarkan paspor sebanyak 200 paspor, tapi kami tidak bisa memberi jaminan orang yang membuat paspor langsung keluar negeri," ungkap Oktya.

Dia juga tidak bisa memastikan orang itu keluar negeri kapan. Sekarang pembuatan paspor bisa dimana saja. Terkadang orang dari Jakarta yang berwisata ke Belitung, karena di Belitung pemohon pembuatan paspor sedikit, sehingga mereka membuat paspor di Belitung. (Posbelitung.co/Yuranda)

Caption : Posbelitung/Yuranda
Petugas Kantor Imigtasi Kelas II TPI Tanjungpandan Kabupaten Belitung. Selasa(14/5/2019)
Dikirim dari ponsel cerdas BlackBerry 10 saya.

Penulis: Maggang (mg)
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved