Advertorial

Pemerintah Belitung dan Politeknik Pariwisata Palembang Tandatangani MoU

Pemerintah Kabupaten Belitung dan Politeknik Pariwisata Palembang menandatangani nota kesepakatan bersama

Pemerintah Belitung dan Politeknik Pariwisata Palembang Tandatangani MoU
ist/PEMERINTAH Belitung dan Politeknik Pariwisata Palembang Tandatangani MoU
PEMERINTAH Kabupaten Belitung dan Politeknik Pariwisata Palembang menandatangani nota kesepakatan bersama (memorandum of undestandin/MoU) di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di Kabupaten Belitung, Senin (13/5). 

BANGKAPOS.COM -- Pemerintah Kabupaten Belitung dan Politeknik Pariwisata Palembang menandatangani nota kesepakatan bersama (memorandum of undestandin/MoU) di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di Kabupaten Belitung. Penandatanganan MoU ini dilakukan Bupati Belitung, H Sahani Saleh (Sanem) dan Direktur Politeknik Pariwisata Palembang, Dr Zulkifli Harahap, MM Par.

Hadir pada penandatangan MoU itu, Sekda Pemerintah Kabupaten Belitung, Hendra Caya, Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Kabupaten Belitung, Jasagung Hariyadi, Asisten II Setda Pemerintah Kabupaten Belitung, Ita Wahyuni, Pembantu Direktur I Bidang Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan Politeknik Pariwisata Palembang, Dilla Pratiyudha serta Sekretaris Unit Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Pariwisata Palembang Rhiza Eka Purwanto.

Bupati Belitung, H Sahani Saleh (Sanem) menyambut baik adanya kerjasama dengan Politeknik Pariwisata Palembang tersebut. Sanem menilai kerjasama ini merupakan salah satu langkah dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) Belitung yang berkualitas. Apalagi Kabupaten Belitung tengah fokus membangun dunia pariwisata.

Menurutnya, Kabupaten Belitung sudah melakukan kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi seperti Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan beberapa perguruan tinggi lain di Indonesia. Namun untuk Universitas Bangka Belitung (UBB) sebagai salah satu perguruan tinggi lokal di Bangka Belitung belum berminat melakukan kerjasama.

“Karena kami masih ada kecewaan di situ, karena mereka sampai sekarang hanya komitmen saja. Untuk kerjasama dengan Politeknik Pariwisata Pelembang perlu dikaji, karena bukan hanya pendidikan formal saja yang dibutuhkan dalam mencetak SDM, tapi harus didukung dengan membangun skill dan juga sertifikasinya,” kata Sanem, Senin (13/5).

Kata Sanem, Politeknik Pariwisata Pelembang sangat cocok dengan Kabupaten Belitung yang memiliki SMK Negeri 3 Tanjungpandan. Ke depan siswa lulus SMK 3 Tanjungpandan bisa melanjutkan studi ke Politeknik Pariwisata Palembang.

“Jadi ini bisa bekerjasama di sektor ini, pendidikannya, penelitiannya. Karena pariwisata kita ini lengkap. Apalagi Belitung sudah Geopark Nasional dan belum lagi Belitung memiliki KEK Pariwisata,” katanya.
Politeknik Pariwisata Palembang bernaung di bawah Kementerian Pariwisata dan merupakan bentukan Pemerintah Pusat yang kelima.

Kampus tersebut sudah berjalan selama tiga tahun belakangan. Siswa yang ingin meneruskan kuliah di Politeknik Pariwisata Palembang tahun 2019 ini sudah ada 1.100 orang, namun hanya diterima sebanyak 300 orang. Hal ini karena hanya bisa menampung kuota sebanyak itu.

“Semua ada empat program studi dan ada satu orang lulusan SMK 3 Pariwisata Belitung yang berkuliah di kami dan dia betah. Kuliah di kami juga paling murah se jagat raya, satu semester hanya Rp 2 juta,” kata Direktur Politeknik Pariwisata Palembang, Zulkifli Harahap.

Zulkifli berharap lulusan SMK Negeri 3 Tanjungpandan bisa mengirimkan SDM terbaik untuk kuliah di Politeknik Pariwisata Palembang. Menurutnya, kampus ini sudah banyak mencetak SDM yang bisa bersaing di luar negeri.

“Itu sudah ada yang bekerja sampai di Belgia. Tesnya tidak sulit, bahasa Inggris, psikotes dan sebagainya. Lokasinya kampus ini di Jaka Baring dan salah satu alasan kampus ini didirikan, untuk mencetak SDM dalam mengembangkan KEK di seputaran Palembang awalnya,” katanya. 

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved