Berita Belitung

Kas Titipan BI Siapkan Rp 18 Miliar buat Penukaran Uang Jelang Lebaran

Layanan Kas Titipan Bank Indonesia (BI) di Belitung menyiapkan sekitar Rp 18 miliar uang pecahan kecil buat penukaran jelang Idulfitri.

Kas Titipan BI Siapkan Rp 18 Miliar buat Penukaran Uang Jelang Lebaran
Posbelitung/Adelina Nurmalitasari
Nasabah saat menabung di Bank Mandiri Cabang Tanjungpandan, Rabu (15/5/2019). 

POSBELITUNG.CO-- Layanan Kas Titipan Bank Indonesia (BI) di Belitung menyiapkan sekitar Rp 18 miliar uang pecahan kecil buat penukaran jelang Idulfitri. Sejumlah uang tersebut akan didistribusikan ke 10 anggota perbankan.

"Jadi kami minta proyeksi dari masing-masing bank berapa kebutuhan uang kecil sebelum lebaran nanti, jadi nanti kami distribusikan. Jadi nanti nominalnya beda-beda bergantung proyeksi yang mereka minta," jelas Kepala Cabang Mandiri Tanjungpandan M Reza Septian saat ditemui Pos Belitung, Rabu (15/5/2019).

Pecahan uang kecil yang disediakan pun mulai dari nominal Rp 1.000 hingga Rp 20.000. Namun kas titipan BI paling banyak menyiapkan uang nominal Rp 10.000 yang berjumlah sekitar Rp 7 milyar.

Sementara itu Bank Mandiri Tanjungpandan, kata Reza, akan membuka pelayanan penukaran uang kepada masyarakat pada 21-23 Mei mendatang. Penukaran pun bisa dilakukan di depan Kantor Cabang Bank Mandiri Tanjungpandan yang berada di Jalan Merdeka, Tanjungpandan. Saat ini penukaran uang pun mulai dilakukan nasabah perorangan maupun perusahaan.

"Penukaran nasabah dibuka setiap hari, kalau masyarakat baru nanti 21-23 Mei. Bukanya dari pagi sampai siang, jadi setengah hari saja," jelasnya.

Bank pelat merah tersebut pun menyiapkan Rp 5 miliar uang pecahan buat masyarakat jelang Idulfitri tahun ini.

Ia menambahkan, penukaran uang bagi masyarakat akan dibatasi maksimal 100 lembar per orangnya. Sehingga misalnya penukaran pecahan Rp 5.000, maksimal boleh menukar sebanyak Rp 500 ribu.

"Batasan per orang ada, agar yang lain kebagian. Tapi khusus bagi nasabah, tidak ada minimal namun akan tetap kami sesuaikan dengan stok yang ada," tuturnya. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved