Berita Belitung

Pemkab Belitun akan Berikan Penghargaan kepada Siswa-Siswa Mendapatkan Nilai UN Tertinggi

Pemerintahan Kabupaten Belitung melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung, dalam waktu dekat akan memberikan penghargaan

Pemkab Belitun akan Berikan Penghargaan kepada Siswa-Siswa Mendapatkan Nilai UN Tertinggi
Posbelitung/Yuranda
Plt Sekertariat Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Belitung, Paryanta 

POSBELITUNG.CO-- Pemerintahan Kabupaten Belitung melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung, dalam waktu dekat akan memberikan penghargaan atau apresiasi kepada siswa-siswi yang berprestasi, Hal tersebut disampaikan oleh Plt Sekretaris Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Belitung, Paryanta.

"Kami akan memberikan kepada siswa-siswa yang mendapatkan nilai tertinggi berupa piagam‎," kata Paryanta, kepada Pos Belitung, Rabu(15/05/2019).

Paryanta menyampaikan,‎ ‎beasiswa untuk lulusan SMA/SMK tidak ada lagi, namun beasiswa yang dimaksud ialah batuan bagi siswa-siswi yang kurang mampu dan berprestasi yang ingin melanjutkan pendidikan itu ada tapi itu harus melewati proses atau test yang ada di universitas atau perguruan tinggi tersebut.

‎"Kalau tingkat SMA/SMK itu tidak ada lagi itu kewenangan propinsi, sedangkan beasiswa tingkat SMA/SMA tidak dibolehkan dalam peraturan keuangan. Jadi yang dimaksud dengan beasiswa, bantuan siswa yang berprestasi dan kurang mampu,itu akan dibantu oleh pemerintah daerah untuk melanjutkan ke kejenjang yang lebih tinggi," jelas Paryanta.

Lanjutnya, bukan penghargaan beasiswa atas prestasinya, bukan itu yang dimaksud. Mereka harus melalui test terlebih dahulu, jadi tidak otomatis ketika nilainya tinggi terus langsung dapat bantuan atau beasiswa tidak begitu dan tidak boleh dalam aturan keuangan hal tersebut.

"Tetap harus mengikuti test sesuai dengan ketentuan perguruan tinggi, cuma mereka ditawari diberikan kesempatan untuk memperoleh bantuan itu yang disiapkan oleh pemerintah daerah, semua itu harus ikut proses sesuai yang ditentukan oleh perguruan tinggi," tegasnya.

Menurutnya perguruan tinggi yang bisa direkomendasikan, menjadi tempat untuk melanjutkan kuliah dan akan diberi bantuan untuk biaya pendidikannya yaitu universitas atau perguruan tinggi yang sudah melakukan MoU kepada pemerintah daerah khususnya Belitung.

"Kalau belum melakukan MoU kita tidak bisa untuk membantunya‎, ketempat tersebut universitas yang telah melakukan MoU seperti STIE Taskia Bogor mahasiswa kita sudah ada 20 orang disana, Universitas Sampurna, dan rencananya akan ada dari universitas Podomoro tapi belum tau kapan, kalau untuk SD dan SMP sudah kita siapkan untuk beasiswanya,"pungkasnya. (Posbelitung.co/Yuranda)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved