Pemkab Belitung Sudah Tetapkan Zakat Fitrah 1440 Hijriah

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung, rabu (15/5/2019) sudah menetapkan Zakat Fitrah tahun 1440 hijriah/2019 berupa beras 2,5 kilogram

Pemkab Belitung Sudah Tetapkan Zakat Fitrah 1440 Hijriah
ist
Zakat Fitrah 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung, rabu (15/5/2019) sudah menetapkan  Zakat Fitrah tahun 1440 hijriah/2019 berupa beras 2,5 kilogram (kg) per jiwa atau sebanding dengan uang sebesar Rp 32.500,- per jiwa.

Penetapan itu, semula sudah melalui kesepakatan dari hasil keputusan rapat bersama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Belitung, Organisasi Islam (Ormas), dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta lembaga terkait lainnya.

"Untuk uang itu dihitung sesuai dengan harga beras di pasaran yaitu Rp 13.000,- per Kg. Ini memang untuk diberitahukan kepada masyarakat, agar mengetahui berapa besar zakat fitrah yang akan dibayar nantinya," kata Plt Kabag Kestra Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung Rusli kepada Posbelitung.co, Rabu (15/5/2019).

Kata Rusli, untuk penyaluran zakat fitrah ini secara keseluruhan biza melalui Pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di Masjid/Surau/Musholla di setiap Kelurahan/Desa setempat. Apabila di Kelurahan/Desa tersebut belum membentuk UPZ, agar disegerakan.

"Itu bisa saja siapa orangnya. Terpenting bertanggung jawab dan bisa membagi zakat fitrah yang sudah terkumpul nantinya kepada para mustahiq di wilayahnya sebelum pelaksanaan sholat Idul Fitri nantinya," ujarnya.

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved