Uniknya Madain Saleh Kota Batu yang Dibangun Kaum Tsamud di Arab Saudi

Madain Saleh berarti Kota Saleh, berada di Arab Saudi. Di kota ini terdapat banyak bukit pasir dan bangunan-bangunan yang dipahat

Uniknya Madain Saleh Kota Batu yang Dibangun Kaum Tsamud di Arab Saudi
Foto: hayatour.com
Istanab batu di Madain Saleh 

POSBELITUNG.CO - Madain Saleh berarti Kota Saleh, berada di Arab Saudi.

Di kota ini terdapat banyak bukit pasir dan bangunan-bangunan yang dipahat kemudian dijadikan rumah hingga tempat pemujaan.

Tempat-tempat tersebut kini masih berdiri kokoh bagai sebuah istana batu.

Dibangun oleh Kaum Tsamud

Madain Saleh merupakan salah satu kota batu yang terkenal di Arab Saudi. Bisa ditempuh dengan 4 jam perjalanan dari Madinah, meski melewati gurun-gurun penuh batu.

Kota seluas 4.000 hektar ini dulunya dibangun dan dihuni oleh Kaum Tsamud, sekitar 3.000 sebelum Masehi.

Kaum ini merupakan salah satu arsitek hebat pada zamannya, lo, teman-teman! Sebab mereka bisa menyulap tempat-tempat yang mereka temui menjadi tempat tinggal yang cantik.

Bentuk kota

Uniknya, Madain Saleh ini terdiri dari perbukitan pasir dan bukitnya dipahat menjadi bangunan untuk tempat tinggal penduduk, makam, dan tempat pemujaan, sehingga bangunan-bangunan di kota ini tampak bagai sebuah istana dari batu. Jumlah pahatan di Madain Saleh mencapai 130 pahatan.

Selain rumah dan kawasan tempat tinggal sehari-hari, di Madain Saleh juga terdapat prasasti yang dituli dalam bahasa kuno masyarakat setempat.

Halaman
12
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved