Berita Belitung

Beli Sapi Pakai Sistem Taksir, Pedagang Pasar Tanjungpandan Prediksi Kenaikan Harga Daging

Penyebab kenaikan karena permintaan daging sapi di pasar yang meningkat sehingga berpengaruh kepada harga.

Beli Sapi Pakai Sistem Taksir, Pedagang Pasar Tanjungpandan Prediksi Kenaikan Harga Daging
Pos Belitung/Yuranda
Pedagang Daging Sapi saat Melayani Konsumennya di Pasar Tanjungpandan, Kamis (16/05/2019) 

POSBELITUNG.CO - Harga daging sapi menjelang hari raya Idul Fitri 1440 H, diperkirakan akan mengalami kenaikan pada H - 10 sampai H-1. Saat ini harga daging sapi masih setabil di Pasar Tanjungpandan, Kamis (16/05/2019).

"Sudah tiga minggu terakhir ini harga masih Rp 130.000 per kg, biasanya akan naik pada H-10 sampai H-1 Idul Fitri," Kata H Roni (52) salah diantara pedagang daging di Pasar Tanjungpandan Belitung pada posbelitung.co, Kamis (16/05/2019).

Dikatakannya daging sapi akan naik sekitar Rp 5.000-Rp 10.000 per kg, ia mengatakan penyebab kenaikan karena permintaan daging sapi di pasar yang meningkat sehingga berpengaruh kepada harga.

"Jadi kenaikan harganya dari situ lah, sedangkan dari distributornya juga sudah naik harganya. Disini beli sapinya bukan seperti tempat lain, kita belinya menggunakan sistem taksir (Tebak), bukan sistem timbang," katanya.

Ia memisalkan, sistem taksir tersebut dalam satu sapi dihargai dengan Rp 30 juta sedangkan daging sapi tidak mencapai 200 kg, disini ia harus pintar dengan mengelola hal itu, kadang-kalah daging satu ekor hanya sampai 180 kg.

"Kalau distributor sudah mengisi harganya seperti itu, kita hanya mengharapkan keuntungannya dari joran, serta iga sapi tersebut," pungkasnya.

(Pos Belitung/Yuranda).‎

Penulis: Maggang (mg)
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved