Breaking News:

Pilkada Beltim 2015

Rekapitulasi Daftar Pemilih Tambahan Jadi Acuan Logistik

Pilkada Kabupaten Belitung Timur (Beltim) 2015 memasuki tahap pendaftaran calon pemilih di daftar pemilih tambahan 1 (DPTb1).

Penulis: Dedi Qurniawan | Editor: Edy Yusmanto
Rekapitulasi Daftar Pemilih Tambahan Jadi Acuan Logistik
google
Ilustrasi foto KPU

Laporan Wartawan Pos Belitung Dedy Qurniawan

POSBELITUNG.COM, BELITUNG TIMUR - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) 2015 memasuki tahap pendaftaran calon pemilih di daftar pemilih tambahan 1 (DPTb1).

Tahapan ini dimulai sejak, Selasa (13/10) lalu, dan akan berlangsung hingga 20 Oktober 2015 mendatang. Hasil penetapan rekapitulasi DPTb1 ini nantinya akan dijadikan pertimbangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Beltim untuk tahapan pendistribusian dan ketersediaan surat suara.

"Rekapitulasi DPTb 1 di kabupaten itu tanggal 27 dan 28 Oktober. Rekapitulasi DPTb1 ini kan ada hubungannya dengan pendistribusian surat suara dan ketersediaan surat suara di TPS," kata Komisioner KPU Beltim Divisi Data Pemilih, SDM, Rumah Tangga, Organisasi, dan Umum, Rizky Rinaldi kepada posbelitung.com, Kamis (15/10/2015).

Rizky menyatakan, kemungkinan besar akan ada perbedaan jumlah pemilih saat penetapan rekapitulasi daftar pemilih tetap (DPT) dan DPTb1. Namun, dia terdengar optimis bahwa tidak ada perubahan data yang signifikan pada saat penetapan rekapitulasi DPTb1 nanti.

"Pasti ada perbedaan. Tapi penambahan tidak begitu banyak karena istilahnya sudah di clear kan di DPT," katanya.

Dia menjelaskan, warga Kabupaten Beltim yang merupakan calon pemilih dan merasa belum terdaftar pada DPT Pilkada Beltim 2015, bisa mengecek namanya di pengumuman DPT.

Pengumuan dinyatakan sudah dipasang di kantor kantor desa di Kabupaten Beltim. Cara lainnya adalah dengan mengecek melalui DPT online KPU melalui laman data.kpui.go.id/dpsmobile.php "Jika belum terdaftar, daftarkan dengan melampirkan fotokopi KTP. Nanti akan dicatat oleh petugas PPS dan didaftarkan DPTb1," kata Rizky

Pemula dan Difabel
DPT Kabupaten Beltim yang telah direkapitulasi dan ditetapkan beberapa waktu lalu berjumlah 83.133 pemilih. Dari jumah tersebut, Kabupaten Beltim dinyatakan memiliki pemilih pemula sebanyak 2.099 pemilih.

Adapun rincian dari pemilih pemula tersebut, sebanyak 981 diantaranya adalah pemilih berjenis kelamin laki laki. Sementara 1.118 sisanya adalah pemilih berjenis kelamin perempuan. "Ini yang sudah diinput di Sidalih (Sistem Online Informasi Data Pemilih) dan kami umumkan di kecamatan," katanya.

Sementara untuk pemilih difabel dinyatakan berjumlah 83 pemilih. Rinciannya adalah sebanyak 31 tunadaksa, 19 orang tunanetra, 29 orang tunarungu, 3 orang tunagrahita, dan 1 orang untuk disabilitias lainnya.

"Mereka punya hak pilih. Kemarin sudah dirapatkan, untuk tunanetra akan didampingi pendamping yang ditunjuk," kata Rizky. (m3)


Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved