Breaking News:

Ketua Panwaslu Beltim: Pengawas TPS Adalah 'Barang Baru'

Menurutnya, selama ini TPS hanya diawasi oleh pengawas diluar Panwas Pemilihan, semisal pengawas dari Parpol dan sejenisnya.

POS BELITUNG/DEDY Q
Sebanyak 242 pengawas TPS pada Pilkada Beltim 2015 menjalani prosesi pengambilan sumpah pada acara pelantikan pengawas TPS pada Pilkada Beltim 2015 di Auditorium Zahari MZ, Selasa (17/11/2015). 

Laporan wartawan Pos Belitung, Dedy Qurniawan

POSBELITUNG.COM, BELITUNG - Ketua Panwas Pilkada Beltim Marwansyah mengatakan pengawas TPS adalah amanat UU Nomor 8 tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota.

Dia mengatakan keberadaan pengawas TPS pada Pilkada Serentak 2015 adalah 'barang baru'.

Menurutnya, selama ini TPS hanya diawasi oleh pengawas diluar Panwas Pemilihan, semisal pengawas dari Parpol dan sejenisnya.

"Untuk diketahui pengawas TPS yang dilantik ini adalah barang baru. Karena selama pelaksanaan pilkada (sebelumnya), pilpres, atau pileg, itu tidak ada pengawas TPS. Baru kali ini. Dan satu TPS itu satu orang dan itu harus dilantik," kata dia di Auditorium Zahari MZ, Komplek Perkantoran Terpadu Pemkab Beltim, Selasa (17/11/2015).

Kata Marwansyah, pengawas TPS bertugas mengawasi petugas KPPS apakah menjalankan tugasnya sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Selain itu pengawas TPS juga bertugas mengawal distribusi logistik.

Karena dinilai sebagai 'barang baru', Panwas Pilkada Beltim akan memberikan bimtek tentang pengawasan pada Sabtu (21/11/2015) mendatang.

"Karena ini barang baru, itu sudah barang tentu ada banyak-banyak hal baru yang harus diketahui," ujar Marwansyah.

Sebelumnya, Panwas Pilkada Beltim 2015 melantik 242 calon Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pilkada Beltim 2015, Selasa (17/11/2015).

Pelantikan berlangsung di Auditorium Zahari MZ Komplek Perkantoran Terpadu Pemkab Beltim.

Dari pantauan Pos Belitung, mayoritas calon pengawas TPS yang datang mengenakan batik.

Mereka dilantik oleh Ketua Panwas Pilkada Beltim Marwansyah.

Pengambilan sumpah jabatan juga disaksikan sejumlah pemangku kepentingan dan sejumlah unsur Forkompinda Kabupaten Beltim.

"Saya percaya bahwa saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan peraturan perundang-undnagan yang berlaku dan penuh tanggung jawab," kata Marwansyah di hadapan para pengawas TPS. (*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved