Breaking News:

Liputan Khusus Makam Kuno

Menelisik Jejak Penyiar Islam di Gunong Sepang

"Makamnya di atas bukit, kalau kita tidak berteduh, kita bisa bisa disambar petir," kata Antasari kepada posbelitung.com, Sabtu (19/12/2015).

Pos Belitung/Wahyu Kurniawan
Dua orang pengunjung sedang membersihkan sebuah makam kuno di bukit Padang Lambaiyan kawasan perbukitan Gunong Sepang Dusun Liring, Desa Renggiang, Kecamatan Simpang Renggiang, Kabupaten Belitung Timur, Sabtu (19/12/2015) sore. Makam ini diyakini milik Datuk Keramat de Padang Lambaiyan Ngabehi Gunong Sepang. 

Laporan Wartawan Pos Belitung Wahyu Kurniawan

POSBELITUNG.COM, BELITUNG TIMUR - Berabad abad lalu Raja Balok konon membagi Pulau Belitung menjadi lima wilayah besar, Ngabehi Badau, Ngabehi Buding, Ngabehi, Sijok, Ngabehi Belantu, dan Ngabehi Gunong Sepang.

Empat wilayah di antaranya masih dikenal hingga sekarang dan berkembang menjadi perkampungan, sedangkan nama terakhir yakni Ngabehi Gunong Sepang hilang ditelan zaman.

DUA kali sudah Antasari terjatuh dalam perjalanan menuju Padang Lambaiyan kawasan perbukitan Gunong Sepang di Dusun Liring, Desa Renggiang, Kabupaten Belitung Timur.

Jalan berlumpur dan genangan air membuatnya menyerah dan mengembalikan kemudi motor pada rekannya Syamsu.

Setelah menyusuri jalan bekas ban truk selama kurang lebih setengah jam, keduanya tiba di sebuah padang rumput yang luas dan berbukit bukit. Hujan lembat sekita turun dan mereka pun harus masuk ke dalam hutan untuk berlindung dari amukan petir.

"Makamnya di atas bukit, kalau kita tidak berteduh, kita bisa bisa disambar petir," kata Antasari kepada posbelitung.com, Sabtu (19/12/2015).

Antasari dan Syamsu sudah pernah ke makam itu sebelumnya setelah membaca berita posbelitung.com tentang tujuh penyebar agama Islam di Pulau Belitung.

Dua warga Tanjungpandan ini menemukan lokasi makam tersebut berkat panduan salah seorang warga Desa Renggiang.

Halaman
1234
Editor: Edy Yusmanto
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved