Breaking News:

Liputan Khusus Makam Kuno

Penjabat Bupati Beltim Bakal Bahas Pengembangan Potensi Gunong Sepang

Penjabat Bupati Belitung Timur H. Hardi berencana memprioritaskan pembahasan tentang pengembangan potensi Gunong Sepang

Pos Belitung/Wahyu Kurniawan
Seorang pengunjung sedang membersihkan sebuah makam kuno di bukit Padang Lambaiyan kawasan perbukitan Gunong Sepang Dusun Liring, Desa Renggiang, Kecamatan Simpang Renggiang, Kabupaten Belitung Timur, Sabtu (19/12/2015) sore. 

Laporan Wartawan Pos Belitung Wahyu Kurniawan

POSBELITUNG.COM, BELITUNG - Muatan sejarah serta status hutan lindung membuat Gunong Sepang di Desa Renggiang, Kecamatan Simpang Renggiang, Kabupaten Belitung Timur kini menjadi perhatian pemerintah daerah.

Bahkan Penjabat Bupati Belitung Timur H. Hardi berencana memprioritaskan pembahasan tentang pengembangan potensi Gunong Sepang

“Karena ada muatan sejarah di dalamnya, ya sejarahnya itu yang harus kita hormati dan ketika itu berada di dalam hutan lindung akan kita buat secara prioritas nanti, kita akan bahas, bila perlu nanti kita bahas dengan Bupati dan Wakil Bupati terpilih,” kata Hardi kepada posbelitung.com, Senin (28/12/2015) sore.

Menurutnya, pemberitaan mengenai sejarah tersembunyi di Gunong Sepang bertepatan dengan momentum penguatan Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Belitung Timur.

Sebab Hardi bersama DPRD serta Bupati dan Wakil Bupati terpilih baru saja menggelar pertemuan dengan para keluarga Kerajaan dari Balok Lama, Balok Baru, dan Buding.

Ia ingin sejarah tentang kerajaan-kerajaan yang pernah berdiri di Kabupaten Belitung Timur diangkat. Selain itu makam-makam tua yang berkaitan sejarah kerajaan-kerajaan tersebut juga tak luput menjadi perhatian.

Potensi Gunong Sepang dan segala muatan sejarah serta keragaman hayati di dalamnya telah memicu semangat dan harapan warga setempat.

Pemerintah Desa Renggiang berharap kawasan itu bisa dikembangkan dan sejarahnya digali kembali tanpa mengubah atau mengganggu fungsi hutan lindung yang sudah ada sejak lama.

Harapan senada juga diungkapkan oleh Ketua KNPI Kabupaten Belitung Timur Wahyu Epan Yudhistira. Ia mengatakan fungsi alami hutan di kawasan Gunong Sepang harus tetap dipertahankan.

Halaman
12
Editor: Edy Yusmanto
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved