Menelisik Jejak Tuan Dekker dan Asal Usul Kota Manggar

Naisah binti Dekker adalah putri kandung Johannes Den Dekker, satu dari tujuh pioneer tambang Timah Pulau Belitung.

Menelisik Jejak Tuan Dekker dan Asal Usul Kota Manggar
Pos Belitung/Wahyu Kurniawan
Tokoh Masyarakat Belitung Timur Syamsul Hadi (72) dan Pemerhati Sejarah Budaya Beltim Adi Guna sedang mengunjungi makam Naisah binti Dekker di pekuburan Lalang Atas, Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Kamis (31/12/2015) sore. Naisah binti Dekker disebut sebagai putri kandung Den Dekker, salah satu pionir penambangan timah Pulau Belitung. 

Laporan Wartawan Pos Belitung Wahyu Kurniawan

POSBELITUNG.COM, BELITUNG TIMUR - Syamsul Hadi (72) menunjukkan sebuah makam perempuan bernama Naisah binti Dekker di pekuburan Lalang Atas, Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Kamis (31/12/2015) sore.

Tokoh masyarakat Beltim ini mengatakan, keluarganya yakin bahwa Naisah binti Dekker adalah putri kandung Johannes Den Dekker, satu dari tujuh pioneer tambang Timah Pulau Belitung.

Dalam buku Gedenkboek Billiton 1852-1927 Jilid I disebutkan Den Dekker meninggal dunia pada tanggal 19 Juli 1898 di Cibadak-Priangan, dan dimakamkan di Bogor.

Ia yang pertama membuka sekaligus mengepalai Distrik Manggar sejak 1860 sampai 1881.

“Naisah ini adalah anak kandung Tuan Dekker karena dia menggunakan binti Dekker, jadi istri saya itu termasuk cicitnya Tuan Dekker, tapi soal sejarah Tuan Dekker kami kurang tahu banyak,” kata Syamsul kepada posbelitung.com, Kamis (31/12/2015).

Makam Naisah binti Dekker berada di bagian depan dari perkuburan Lalang Atas. Letak pekuburan itu berada tepat di samping kediaman orang tua Yusril Ihza Mahendra.

Bahkan makam Naisah hanya berjarak sekitar tujuh meter dari makam Djamah Sandon, kakek Yusril.

Makam Naisah sudah diberi tambak semen berlapis porselin. Menurut Syamsul, tidak terdapat makam lain dengan nama Dekker di pekuburan tersebut selain makam Naisah.

Halaman
123
Penulis: Wahyu Kurniawan
Editor: edy yusmanto
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved