Breaking News:

GERHANA MATAHARI TOTAL

Desa Terong Siapkan Titik Pemantauan Gerhana Matahari Total

Desa Terong Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung masuk dalam lokasi strategis pemantauan gerhana matahari total (GMT) 9 Maret 2016 mendatang.

Editor: Edy Yusmanto
Ben Cooper
Gerhana Matahari total sebagai bagian dari gerhana Matahari hibrid pada Minggu (3/11/2013), diabadikan dari wilayah Atlantik. 

Laporan Wartawan Pos Belitung Wahyu Kurniawan

POSBELITUNG.COM, BELITUNG - Desa Terong Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung masuk dalam lokasi strategis pemantauan gerhana matahari total (GMT) 9 Maret 2016 mendatang.

Penilaian ini karena desa tersebut di berada dalam lintasan GMT berdurasi lama. Dalam peta GMT, desa ini dilalui garis merah yang menjadi tanda bahwa lokasi GMT tersebut memiliki durasi GMT paling lama dibandingkan daerah lintasan GMT lainnya.

"Kami sudah siapkan tempat di Bukit Tebalu untuk pemantauan GMT, beberapa instansi dari Bappeda, Camat, sampai Pak Lurah Parit juga sempat meninjau lokasi tersebut," kata Kades Terong Suhaimi kepada posbelitung.com, Senin (4/1/2016).

Sebelumnya, Peneliti Bidang Mataharu dan Antariksa Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional Johan Muhamad pernah memberikan sosialisasi GMT di Hotel Grand Hatika

Tanjungpandan. Ia juga menyampaikan saran pemilihan lokasi pengamatan GMT. Di antaranya yakni tempat dengan pemandangan ke arah timur yang terbuka atau tidak terhalang bangunan bukit atau pepohonan.

Tempat yang biasanya cerah saat pagi hari terutama di bulan Maret. Tempat yang tidak terdapat kabut atau asap.

"Jika memiliki panorama lain yang menarik tentu lebih baik," kata Johan.

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved