Breaking News:

Sawi Bebute Penuhi Pasokan Pasar Tanjungpandan dan Belitung Timur

Sebagian malah memilih berkebun sayur yang hasilnya mampu melengkapi pasokan pasar Tanjungpandan hingga Manggar, Belitung Timur.

Pos Belitung/Wahyu Kurniawan
Petani Dusun Bebute Desa Terong sedang menanam sawi di dalam lajur, Senin (4/1/2016) sore. 

Laporan Wartawan Pos Belitung Wahyu Kurniawan

POSBELITUNG.COM, BELITUNG - Perekonomian warga pesisir di Belitung tak melulu hanya bergantung pada laut.

Sebagian malah memilih berkebun sayur yang hasilnya mampu melengkapi pasokan pasar Tanjungpandan hingga Manggar, Belitung Timur.

Kondisi ini bisa dijumpai di Dusun Bebute, Desa Terong Kecamatan Sijuk. Dusun yang terletak di pinggir pantai ini sebagai warganya malah menggantungkan hidupnya dari berkebun sayur.

“Jumlahnya yang berkebun sayur disini cukup banyak dari orang tua sampai yang masih bujangan, hasil panen sawi Bebute ini bahkan sampai dijual ke Manggar,” kata tokoh pemuda Bebute Epan kepada posbelitung.com, Senin (4/1/2015).

Dari pantauan posbelitung.com, sebuah kawasan perkebunan sayur di desa tersebut mencakup lahan hingga seluas dua kali lapangan sepakbola.

Setiap lajur tanam sepanjang sekitar enam meter bisa menghasilkan belasan kilogram sawi.

“Kalau sekali panen biasanya satu orang bisa mendapakan 30 kilogram, untuk pemasarannya ada yang datang beli langsung ke kebun dan seterusnya dijual ke Pasar Tanjungpandan atau ke Manggar,” kata Epan.

Ia sendiri menyebut banyak orang tak terkecuali dari dinas pertanian pada awalnya tak mengira Dusun Bebute memiliki kebun sawi yang begitu luas.

Kondisi membuat bantuan pertanian sempat melewatkan Dusun Bebute dalam daftar penerima bantuan pertanian.

“Mungkin dulu orang kira, warga di pesisir ini kebanyakan nelayan, padahal di Bebute ini banyak juga yang jadi petani,” kata Epan. (kk1)


Editor: Edy Yusmanto
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved