Breaking News:

Menelusuri Titik GMT Gunong Tebalu

Puncak Gunong Tebalu Suguhkan Pemandangan Pulau Lengkuas Sampai Kalimuak

Sebagai titik pemantauan Gerhana Matahari Total (GMT) Gunong Tebalu menawarkan paket lengkap pemandangan alam Belitong.

Pos Belitung/Wahyu Kurniawan
Sunset dari puncak Gunong Tebalu Dusun Bebute Desa Terong Kecamatan Sijuk. 

Laporan Wartawan Pos Belitung Wahyu Kurniawan

POSBELITUNG.COM, BELITUNG - Sebagai titik pemantauan Gerhana Matahari Total (GMT) Gunong Tebalu menawarkan paket lengkap pemandangan alam Belitong.

Berdiri di puncaknya, pengunjung bisa langsung menyaksikan panorama Gunong Tajam, Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Kelayang, Pulau Lengkuas, Pulau Burung sampai Pulau Kalimuak di Ibukota Tanjungpandan.

Pemilihan Gunong Tebalu di Dusun Bebute Desa Terong sebagai lokasi pemantauan GMT tak melulu karena keindahan panorama alamnya. Berdasarkan peta GMT, Desa Terong adalah salah satu daerah di Pulau Belitung yang dilintasi garis merah GMT.

Artinya daerah yang dilintasi garis merah tersebut memiliki durasi GMT lebih lama di bandingkan daerah lainnya.

“Dari atas puncak ini, matahari pukul 7.22 WIB itu sangat tinggi, sudah hampir di atas kita, jadi kalau untuk memantau gerhana matahari total memang sangat pas sekali,” kata Ketua Kelompok Wisata Gunong Tebalu Maulid kepada posbelitung.com, Senin (4/1/2015) sore.

Puncak Gunong Tebalu didominasi oleh batu geranit berukuran besar. Namun di bagian puncak tersebut terdapat areal seukuran kurang lebih setengah lapangan sepakbola yang terbilang cukup datar.

Sebagian pohon di bagian puncak tampak mengering. Pasalnya tahun 2015 lalu, bukit setinggi 165 meter pernah dilanda kebakaran.

Halaman
123
Editor: Edy Yusmanto
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved