Breaking News:

Duh, Operasional TPA Gunung Sadai Terancam Molor Lagi

Pengoperasian tempat pembuangan akhir (TPA) Gunung Sadai, Dusun Teluk Dalam, Desa Juru Seberang, Kecamatan Tanjungpandan terancam molor.

Penulis: Disa Aryandi |
Pos Belitung/Disa Aryandi
Kondisi TPA Gunung Sadai, Dusun Teluk Dalam, Desa Juru Seberangan, Kamis (14/1) ketika dikunjungi pejabat Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Belitung. 

TANJUNGPANDAN, POS BELITUNG - Pengoperasian tempat pembuangan akhir (TPA) Gunung Sadai, Dusun Teluk Dalam, Desa Juru Seberang, Kecamatan Tanjungpandan terancam molor.

Menyusul kebocoran pada lapisan plastik bawah atau biasa disebut Geomembrane dan Geotekstil.

"Makanya kami disarankan untuk menunggu rekomendasi dari konsultan, memfungsikan ini. Katanya Geomembran dan Geotekstilnya itu bocor," ungkap Kepala Dinas Kebersihan, Pasar dan Pertamanan (DKPP) Kabupaten Belitung, Azhar kepada Pos Belitung, Kamis (14/1).

Geomembran dan Geotekstil merupakan lapisan terpenting pada bagian wadah penampungan sampah.

Pasalnya dua bagian itu, untuk menahan air endapan sampah, keluar dan merembes kebagian luar wadah.

"Kalau sudah merembes, pasti air air dari sampah tercemar. Jangan sampai tercemar nantinya, lebih baik kami menunggu itu," ujarnya.

Sebelumnya, DKPP, Camat Tanjungpandan, dan pejabat di lingkungan Sekertariat Daerah (Setda) Kabupaten Belitung meninjau langsung ke TPA Gunung Sadai. Untuk memastikan kondisi TPA yang telah dibangun sejak tahun 2009 tersebut.

DKPP Kabupaten Belitung akan segera mengoperasikan TPA ini, sesuai dengan Undang Undang Nomor 18 Tahun 2008, setelah ada rekomendasi dari pihak provinsi.

"Kemarin juga tanggal 25 November 2015, sudah dicek oleh pihak provinsi. Hanya saja sekarang, kami masih membutuhkan jaminan untuk pengoperasian ini dari konsultan. Kalau sudah keluar rekomendasinya, kami segera operasikan," kata Azhar.

Azhar mengatakan, untuk pelimpahan TPA Gunung Sadai ini, pihaknya hanya menerima wadah penampungan sampah.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved