Breaking News:

Pihak Desa Ingin Kembangkan Pariwisata di Spot Pemantauan GMT Terlama

"Untuk menyambut momen GMT itu, kami pemerintah desa bersama warga beberapa kali sudah menggelar kerja bakti di Gunong Batu Titi, hari Minggu besok...

Pos Belitung/Wahyu K
MEMOTRET - Seorang pengunjung sedang memotret sunrise di puncak bukit Gunong Batu Titi Dusun Pelepak Pute Desa Pelepak Pute Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung, Jumat (18/1) pagi. 

SIJUK, POS BELITUNG - Desa Pelepak Pute, Kecamatan Sijuk mulai melirik sektor pariwisata sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan perekonomian warga.

Objek wisata potensial yang akan dikembangkan di daerah perbatasan Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur ini adalah bukit Gunong Batu Titi.

Kepala Desa Pelepak Pute Anang Jaelani mengatakan, pihak sejak lama ingin mengembangkan objek baru yang bisa menjadi tujuan wisatawan.

Keinginan tersebut lahir lantaran melihat Kecamatan Sijuk yang diarahkan sebagai daerah wisata di Kabupaten Belitung.

"Kami memang punya Dusun Balitung, tapi itu sudah lama dikenal bahkan sebelum Desa Pelepak Pute berdiri, khusus di Dusun Pelepak Pute ini sendiri kami ingin mengembangkan Gunong Batu Titi untuk menambah objek wisata yang ada di Kacamatan Sijuk," kata Anang kepada Pos Belitung, Kamis (14/1) sore.

Desa Pelepak Pute adalah desa pemekaran dari Desa Sijuk. Desa ini terdiri dari tiga dusun yakni Dusun Balitung, Pelepak Pute, dan Aik Kalak.

Desa Pelepak Pute berjarak sekitar 37 kilometer (Km) dari Kota Tanjungpandan atau 15 Km dari objek wisata Pantai Bilik, Desa Tanjong Tinggi.

Jumlah penduduknya 2.000 jiwa dan terdiri dari sekitar 600 kepala keluarga (kk).

Gunong Batu Titi sendiri berada di Dusun Pelepak Pute dengan luas yang potensial untuk dikembangkan mencapai 15 30 hektar.

Lokasi berdampingan dengan kebun Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang sekarang sedang mengembangkan perkebunan sayur dan buah.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved