Breaking News:

Siswa Smansa Uji Teleskop Saat GMT Mendatang

Momen Gerhana Matahari Total (GMT) 9 Maret 2016 juga menarik perhatian satuan pendidikan di Kabupaten Belitung.

Ben Cooper
Gerhana Matahari total sebagai bagian dari gerhana Matahari hibrid pada Minggu (3/11/2013), diabadikan dari wilayah Atlantik. 

TANJUNGPANDAN, POS BELITUNG - Momen Gerhana Matahari Total (GMT) 9 Maret 2016 juga menarik perhatian satuan pendidikan di Kabupaten Belitung.

Satu di antraranya SMA Negeri 1 (Smansa) Tanjungpandan yang sudah berencana untuk ikut melakukan pengamatan.

Kepala Smansa Tanjungpandan Haryanto mengatakan, GMT adalah momen yang langka dan sangat penting bagi pendidikan siswa.

Karena itu, Smansa akan memberikan kesempatan kepada para siswanya untuk menyaksikan momen tersebut di sela sela jam belajar.

"Kami punya teleskop di laboratorium. Apabila bisa digunakan untuk mengamati GMT, kami akan berikan kesempatan siswa untuk ikut mengamatinya. Tapi ini baru rencana, kami juga masih mau tanya tanya bagaimana pengamatan yang aman untuk siswa," kata Haryanto kepada Pos Belitung, Jumat (15/1).

Selain pengamatan, Haryanto juga berencana memdokumentasikan GMT lewat perekam video.

Tujuannya menjadi salah satu dari sejumlah referensi dalam kegiatan belajar pada matapelajaran Fisika.

"Peristiwa ini kan langka. Jadi harusnya kami buat video agar siswa siswa pada tahun tahun selanjutnya bisa menyaksikan lewat video bagaimana gerhana matahari total itu terjadi di Belitung," ujar Haryanto.

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 1 Tanjungpandan Erli Pranajaya mengatakan, hingga kini pihaknya belum memiliki rencana kegiatan pada momen GMT.

Namun pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait, khususnya dalam hal pengamatan.

"Kami juga masih akan koordinasi dulu dengan dinas pendidikan, karena pengamatan GMT ini akan berkaitan dengan jam efektif belajar," kata Erli.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Belitung Irfani Mauran mengatakan, pihaknya tidak memiliki kegiatan secara spesifik untuk GMT.

Namun bukan berarti dikbud tidak akan ikut menyambut momen tersebut bersama satuan kerja lainnya.

"Lewat bagian kebudayaan nanti akan kami lihat, kegiatan apa saja yang bisa kami pas pas kan bersamaan dengan momen itu," ucapnya. (kk1)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved