Breaking News:

Opini

Harapan Meraih Adipura

SETIAP daerah kabupaten/kota selalu mendambakan untuk menyabet Adipura atau Adipura Kencana dengan melakukan berbagai pencanangan kebersihan.

tribunnews.com
Ilustrasi Adipura 

Drs Yohandi MSi
Alumni Pascasarjana UT

SETIAP daerah kabupaten/kota selalu mendambakan atau berharap untuk menyabet Adipura atau Adipura Kencana dengan melakukan berbagai pencanangan kebersihan. Adapun obsesi dari bupati/wali kota tentunya harus ada peran serta dari warga desa maupun kota secara keseluruhan bila tidak tentu harapan untuk meraih Adipura kembali sirna.

Menurut penulis sebaiknya obsesi yang disampaikan oleh kepala daerah tentunya harus direspon oleh semua warga sehingga warga tersebut mau tidak mau harus bergiat melaksanakan kebersihan dan pengelolaan lingkungan di halaman rumahnya masing masing dan juga menjaga jangan sampai membuang sampah sembarangan.

Semua pihak akan merasa optimis bilamana usaha yang dilakukan benar benar disosialisasikan ke tingkat desa hingga kota dari instansi yang berwenang demi terwujudnya cita cita yang diprogramkan oleh pemerintah daerah.

Sebagai contoh rumah yang dihuni pemimpin daerah dimana tempat tinggalnya terlihat bersih dan rapi setelah adanya petugas kebersihan yang turun langsung ke jalan. Sehingga, warga merasa malu bila tidak membersihkannya. Minimal, keberadaan sampah di lingkungan depan rumahnya tidak ada lagi. Semuanya bersih dan rapi.

Harapan pemerintah daerah untuk meraih Adipura tentunya didukung oleh badan legislatif, masyarakat serta warga di lingkungan dusun, RT disamping itu kegiatan kebersihannya harus terus digiatkan lagi. Apalagi, bila aparat desa, kelurahan dan kecamatan turun ke jalan. Bahkan kegiatan kebersihan tersebut secara berjenjang dilakukan baik setiap pekan atau bulan yang dijadwalkan secara menyeluruh menjadi daya tarik tersendiri.

Adipura merupakan penghargaan untuk kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan dan pengelolaan lingkungan. Dalam penilaiannya, kota terbagi dalam 4 kategori yakni kota metropolitan (berpenduduk lebih dari 1 juta jiwa), kota besar (500.000 1.000.000 jiwa), kota sedang (100.001 500.000 jiwa), dan kota kecil (kurang dari 100.000 jiwa). Penganugrahan Adipura dilaksanakan setiap tahun sejak tahun 1986 sebagai rangkaian peringatan hari lingkungan hidup sedunia.

Namun sempat terhenti pada periode 1998 2002. Adipura Kencana diberikan kepada kota kota yang melampaui batas pencapaian dari segi pengendalian pencemaran air dan udara, pengelolaan tanah, perubahan iklim, sosial, ekonomi serta ke aneka ragaman hayati.

Pengertian Adipura Kencana adalah penghargaan yang diberikan pemerintah bagi kota kota yang telah empat kali meraih Adipura. Setiap aspek manajemen dan peran serta masyarakat (termasuk PKK dan kesehatan) harus mempunyai nilai 80% dan nilai maksimum setiap aspek tersebut, dan nilai fisik harus lebih besar atau sama dengan 80% dari nilai maksimum. Penghargaan Adipura Kencana diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Adipura adalah gelar penghargaan yang diberikan kepada kota yang dinilai paling bersih dan rapi oleh pemerintah pusat. Penghargaan Adipura diberikan setiap tahun, setelah kelompok panitia yang terdiri dari pejabat beberapa Kementerian melakukan penelitian dan penilaian. Penilaian itu dilakukan tidak hanya terhadap kebersihan yang tampak secara umum, melainkan juga terhadap cara pengorganisasian pemerintah daerah terhadap warga kotanya dalam menggalakkan usaha kebersihan lingkungan.

Dengan adanya penghargaan Adipura, hampir semua kota di Indonesia menggiatkan kampanye kebersihan kepada warganya. Selain itu, mereka juga membuat berbagai program kebersihan yang harus dilaksanakan oleh aparat pemerintah daerah.

Di beberapa kota, usaha membudayakan kebersihan ini rancangannya dimulai dengan menyertakan pihak DPRD. Dengan menyertakan unsur legislatif, penentuan tempat pembuangan sampah, anggaran untuk pengadaan tempat sampah, dan alat pengangkut sampah dapat diatur sesuai kehendak rakyat.

Semoga apa yang menjadi obsesi suatu kepala daerah akan menjadi kenyataan apabila benar benar didukung oleh semua komponen yang cinta dengan kebersihan serta semua pihak terkait dalam meraih suatu penghargaan adipura atau adipura kencana. (*)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved