Liputan Khusus Tambang

Inilah 5 Perusahaan Pemegang Izin Usaha Pertambangan di Tanjungpandan

Khusus untuk wilayah kota Tanjungpandan tercatat hanya lima perusahaan yang memegang Izin Usaha Pertambangan (IUP).

Penulis: Disa Aryandi | Editor: Edy Yusmanto
Pos Belitung/Dede Suhendar
Sisa penambangan di Dusun Aik Ranggong Desa Air Saga Tanjungpandan. 

Laporan Wartawan Pos Belitung Disa Aryandi

POSBELITUNG.COM, BELITUNG  - Sekretaris Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kabupaten Belitung, Edi Usdianto mengatakan, khusus untuk wilayah kota Tanjungpandan tercatat hanya lima perusahaan yang memegang Izin Usaha Pertambangan (IUP).

Satu dari lima perusahaan tersebut merupakan IUP penambangan pasir timah. PT BIP sebagai pemegang IUP itu, masih memiliki masa berlaku hingga tahun 2018. Namun sejauh ini, perusahaan tambang itu tidak beroperasi.

"Itu sudah tidak aktif lagi. Rata rata yang aktif tambang kaolin, dan pasir, itu habis masa berlaku izin nya sampai 2020 semua. Cuma ada lima perusahaan itu lah yang terdata kalau di Tanjungpandan," kata Edu biasa disapa kepada posbelitung.com, Sabtu (13/2/2016).

Untuk pengusulan IUP terbaru, kata Edu, khusus di wilayah Tanjungpandan berdasarkan advis yang diterima pihaknya tidak ada. Rata rata perusahaan tambang mengusulkan wilayah penambangan diluar Kota Tanjungpandan.

BACA: Kota Tanjungpandan Belitung Belum Bebas dari Tambang

"Rata rata sih di Sijuk, ada juga di Badau. Tapi itu tidak banyak, paling cuma beberapa, rata rata kalau yang IUP di Tanjungpandan masih IUP lama. Izin yang baru juga, mereka langsung mengurus izin di Provinsi, dan kami hanya menerima advis saja, dengan itu bisa terpantau," jelasnya.

Secara keseluruhan, IUP aktif terdata di wilayah Kabupaten Belitung mencapai 128 izin. Izin izin tersebut secara keseluruhan dimiliki oleh perusahaan yang bergerak dibidang Pertambangan pasir, timah, kaolin, dan jenis tambang lainnya.

"Tapi kalau daerah yang dilarang, paling tidak boleh dipemukiman penduduk, fasilitas umum, sumber air baku, Daerah Aliran Sungai (DAS), dan termasuk juga kawasan kawasan hutan. Kecuali kawasan itu telah mendapatkan legalitas untuk penambangan," pungkasnya.

IUP Aktif di Kecamatan Tanjungpandan :

1. PT IMI

Produksi Kaolin

Masa berlaku tahun 2020

Luas lahan 105 hektar

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved