Jusuf Kalla: Sampah Tanggungjawab Semua

Wakil Presiden Jusuf Kalla menantang seluruh masyarakat, utamanya wali kota dan bupati tak sekadar cuap-cuap soal penanganan sampah.

Editor: Edy Yusmanto
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Karyawan PT Pos Indonesia melakukan bersih-bersih jalan dan trotoar, serta sapu dan pungut sampah dalam acara Pos Indonesia Bergerak 2016 di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Minggu (21/2/2016). Kegiatan yang melibatkan seluruh karyawan Pos Indonesia tersebut dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah dan gerakan Indonesia Bebas Sampah 2020. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Fahrizal Syam

POSBELITUNG.COM, MAKASSAR - Wakil Presiden Jusuf Kalla menantang seluruh masyarakat, utamanya wali kota dan bupati tak sekadar cuap-cuap soal penanganan sampah.

Hal itu disampaikan JK saat menghadiri acara Hari Peduli Sampah Nasional di Gedung Celebes Covention Center (CCC) Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (5/3/2016).

"Sudah bertahun-tahun cerita tentang bagaimana mengelola sampah menjadi berguna, mengelola sampah jadi listrik, tapi hingga saat ini tdak terjadi dengan berbagai alasan," ungkap JK.

JK menegaskan, pemerintah dan seluruh pihak terkait sudah saatnya untuk bertindak serius untuk menangani masalah sampah yang semakin hari semakin parah.

"Kita tidak mau lagi bicara yang ke sekian kalinya, bicara ini dan itu bagaimana menangani sampah, saatnya kita lakukan yang terbaik untuk menangani sampah, jangan hanya bisa melarang masyarakat membuang sampah sembarangan tanpa memberi solusi," jelas dia.

Pria jebolan Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin ini menambahkan, persoalan sampah di Indonesia disebabkan beberapa faktor yaitu kemajuan ekonomi dan perkembangan teknologi.

"Sampah semakin bertambah dan jadi masalah karena kemajuan ekonomi. Meningkatnya daya beli masyarakat otomatis menyebabkan produksi sampah meningkat, juga kemajuan teknologi," jelas dia.

Suami Mufidah Kalla ini meminta di Hari Peduli Sampah Nasional, seluruh lapisan masyarakat bisa turut aktif dalam upaya menangani sampah.

"Perlakukan sampah dengan baik, jadikan sampah dari beban menjadi teman sehingga dapat bermanfaat untuk kita. Ini tanggung jawab kita semua, bukan hanya pemerintah atau Wali kota," tutup JK.

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved