Breaking News:

(Video) : Momen GMT di Belitung Sempurna, Ini Durasi Waktunya

Gerhana matahari merupakan fenomena alam dan bisa dipelajari. Dahulunya dikaitkan dengan mitos dan berbau mistis

Laporan wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

POSBELITUNG.COM, BELITUNG - Kepala Pusat Seismologi Teknik Geofisika Potensial dan Tanda Waktu Kedeputian Bidang Geofisika, Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dr Jaya Marjaya mengatakan, fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) merupakan sebagai bentuk edukasi terhadap masyarakat.

"Output nya berupa konteks ilmiah, dan outcomenya kami berikan edukasi kepada masyarakat. Dulu GMT ini identik dengan mitos, tapi sebetulnya tidak," kata Jaya kepada Posbelitung.com, Rabu (9/3/2016).

Semula tim BMKG Pusat, menurunkan satu unit teropong teleskop berwarna putih untuk menangkap fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) di pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.

Dari hasil pengamatan mereka, GMT yang melintas di Belitung sangat sempurna pada pukul 07.23 WIB sampai pukul 07.25 WIB.

Perlintasan fenomena GMT ini selain di Pulau Belitung, juga daerah lainnya seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Halmahera (Maluku Utara).

"Jadi gerhana ini sering terjadi, tetapi belum tentu melewati tempat yang sama. Ini adalah fenomena alam biasa, yang bisa dipelajari secara ilmiah dan bisa diprediksi, bisa diperhitungkan momen-momen kejadinya," jelasnya.

Berikut pulau yang pernah di lintasi GMT :

- Tanggal 11 Juni 1983 : Jawa, Sulawesi, dan Irian Jaya.

- Tanggal 24 November 1984 : Papua

- Tanggal 18 Maret 1988 : Sumatra, Kalimantan.

- Tanggal 24 Oktober 1995 : Halamera.

- Tanggal 9 Maret 2016 : Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Halmahera.

Sumber : BMKG/Disa Aryandi

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Rusmiadi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved