Pengin Cepat Pulih Setelah Operasi Caesar, Berikut Tipsnya

Melahirkan dengan cara cesar berbeda dengan melahirkan dengan cara normal. Ada beberapa trik pulih cepat setelah operasi caesar.

Editor: Jaryanto
Pengin Cepat Pulih Setelah Operasi Caesar, Berikut Tipsnya
Babyology.com.au
Ilustrasi operasi caesar

POSBELITUNG.COM - Melahirkan dengan cara cesar berbeda dengan melahirkan dengan cara normal. Kita akan mengalami pelbagai hal yang lebih kurang kurang nyaman ketika caesar dibanding melahirkan normal. Meski demikian, seperti dilansir dari buku 200 Tips Ibu Smart Anak Sehat, ada beberapa trik pulih cepat setelah operasi caesar.

1. Jangan membawa beban berat. Kondisi ibu masih begitu lemah, belum pulih, dan rasanya nyeri pascaoperasi masih terasa. Setelah satu bulan, kondisi ibu akan membaik jika dibarengi dengan istirahat dan makan yang baik.

2. Hadapi masa nifas dengan tenang dan nyaman. Masa nifas adalah masa setelah melahirkan hingga enam minggu.

Tetapi ibu baru akan pulih sempurna seperti sedia kala setelah tiga bulan. Untuk memulihkan keadaan psikis dan fisik hingga keadaan normal, harus diimbangi dengan makan bergizi, olahraga, dan istirahat yang cukup.

3. Sebaiknya jangan berhubungan seks terlebih dahulu. Tubuh kita butuh waktu itu pulih, begitu pula organ seksual. Tunggulah dulu empat-enam bulan pascamelahirkan.

4. Banyak bergerak setelah memungkinkan. Lakukan secara bertahap dan ini akan membantu mempercepat proses pemulihan.

5. Minta bantuan untuk bergantian menjaga si kecil.

6. Minum teh pappermint hangat untuk mengatasi perut kembung.

7. Istirahat cukup, minimal harus tirur delapan jam sehari untuk memulihkan kondisi.

8. Minumlah yang cukup, supaya tidak sembelit pascamelahirkan.

9. Minta saran dari bidan atau perawat untuk posisi menyusui yang nyaman.

10. Jangan panik jika berkeringat berlebih. Menyesui akan merangsang pengeluarkan hormon oksitosin untuk konstraksi otot rahim agar mengecil sehinga ini membuat otot jantung memompa lebih kuat seperti olahraga hingga berkeringat.

11. Mulai berlatih otot panggul bawah segera setelah memungkinkan (jangan lupa untuk minta izin dari dokter).

12. Mungkin saja kita akan moody. Kehamilan dan persalinan menyebabkan perubahan dan psikologi ibu.

Bagi beberapa perempuan, bahkan bisa menimbulkan trauma psikologi hebat hingga menimbulkan masalah kejiwaan, sehingga dibutuhkan obat-obatan dan terapi psikologi untuk menyembuhkannya.

Jadi, jika kita mulai menangis, sangat lelah, atau perasaan lain yang mengganggu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter dengan psikolog.

13. Rawat bekas luka jahitannya dengan selalu menjaga kebersihan luka dengan memberinya cairan antiseptik, mandi teratur, dan membersihkan daerah kemaluan setelah BAB atau BAK dengan baik. Jika tidak dibersihkan bisa menimbulkan pada bekas luka.

14. Jangan risau jika bekas luka terasa kencang dan gatal. Proses penyembuhan luka mengakibatkan luka terasa kencang dan gatal. Lebih baik luka cukup dibersihkan saja. (*)

Sumber: Intisari
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved