Ternyata Menteri Ini Dulunya Penjual Es Lilin

Pernahkah terbayang seperti apa kehidupan yang pernah dijalani seseorang yang sekarang menyandang atribut sebagai menteri

Editor: Jaryanto
SURYA/SUTONO
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa 

POSBELITUNG.COM, MALANG - Pernahkah terbayang seperti apa kehidupan yang pernah dijalani seseorang yang sekarang menyandang atribut sebagai menteri?

Apakah hidup mereka memang mulus-mulus saja sejak awal?

"Semasa kecil dulu, saya membantu orangtua dengan menjual es lilin," ujar Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, di Kota Malang, Jumat (25/3/2016) petang.

Di depan 2.000 anak yatim, Khofifah menegaskan, falsafah hidup laiknya roda yang terus berputar bukan sekadar rangkaian kata-kata kosong. Hidup, ujar dia, kadang di atas, kadang di bawah.

Ditemui di sela persiapan Harlah Muslimat NU di Stadion Gajahyana, Kota Malang, Khofifah berbagi kisah hidup. Meski keadaan hidupnya semasa kecilnya susah, ia tak lantas pantang menyerah. Ia mengaku terus gigih belajar agar bisa berguna bagi orang lain.

Jawaban atas usaha panjangnya sedari kecil datang seiring waktu. "Sekarang saya menjadi Menteri Sosial di (Kabinet Pemerintahan) Presiden Jokowi," ujar Khofifah.

Sebelumnya, Khofifah juga pernah dipercaya menjadi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Kepala BKKBN di era pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid.

KOMPAS.com/REZA PAHLEVI
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa memberikan bantuan kepada anak-anak yatim di Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (25/3/2016).

Merujuk perjalanan hidupnya itu, Khofifah menegaskan, bahwa tak ada seorang pun yang tahu tentang masa depan. Untuk itu, tegas dia, yang terpenting adalah mempersiapkan bekal untuk menyongsong masa depan.

"Jadi, kalian jangan malas. Terus belajar dan berdoa," ujar Khofifah, kepada para anak yatim itu.

Berkat usaha dan doa, tegas Khofifah, anak yatim sekalipun bukan tidak mungkin suatu saat akan menjadi menteri seperti dirinya ataupun menjalankan amanah yang bermanfaat bagi orang banyak. (*)

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved