Breaking News:

KEK Pariwisata Tanjung Kelayang Disetujui, Pemerintah Belitung Bangun Ini

Satu contohnya kata Sanem yaitu melebarkan ruas jalan aspal menuju kawasan Tanjung Kelayang. Rencananya jalan bakal dibuat menjadi enam lajur.

Ist
Pulau Batu Belayar di kawasan wisata Pantai Tanjung Kelayang, Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Selasa (9/6/2015). 

Laporan Wartawan Pos Belitung Disa Aryandi 


POSBELITUNG,COM, BELITUNG -  Bupati Belitung Sahani Saleh mengatakan setelah resmi menjadi KEK Pariwisata, pemerintah belitung dan pusat telah merencanakan pengembangan pembangunan untuk mendukung KEK Pariwisata.

"Kami sudah merencanakan berbagai aksi untuk kawasan KEK itu. Salah satunya, untuk percepatan pembangunan infrastruktur dan memang telah tertuang dalam rencana pendukung," kata Sanem.

Satu contohnya kata Sanem yaitu melebarkan ruas jalan aspal menuju kawasan Tanjung Kelayang. Rencananya jalan bakal dibuat menjadi enam lajur.

"Termasuk listrik nanti akan dibangun kembali, dan bandara (H AS Hanandjoeddin) akan dikemas kembali. Embung Air bersih akan dibangun, jaringan telekomunikasi juga. Itu semua menggunakan dana pusat, dan ini effect dari KEK Pariwisata tadi," ujarnya.

Tercatat Rp 18 triliun alokasi anggaran yang digelontorkan oleh pemerintah pusat, untuk pembangunan infrastruktur di Kabupaten Belitung. Sehingga, beberapa pihak harus mengetahui dan mengerti tentang keberadaan KEK Pariwisata tersebut, agar tidak disalah artikan.

"Itu harus dipahami, artinya pemerintah pusat dalam hal ini mendukung sarana infrastruktur dan menikmati seluruh masyarakat Belitong. Jangan sampai nanti diplesetkan, bahwa anggaran itu akan dibagi-bagikan kepada masyarakat," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani persetujuan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Penandatangan itu,tertuang dalam Keputusan Presiden (Kepres) yang diteken pada tanggal 12 Maret 2016.

Penandatangan itu juga dilengkapi dengan Berita Acara Negara (BAN), dan tertuang didalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 6 Tahun 2016 tentang KEK Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk. Sehingga kawasan tersebut, kini telah resmi berstatus KEK Pariwisata dan siap untuk dikembangkan lebih lanjut.

"Tanggal 12 kemarin pak Presiden sudah menandatangani itu (Kepres KEK Pariwisata). Secara otomatis itu sudah masuk berita acara, yang penting sekarang sudah ditandatangani presiden," kata Bupati Belitung, Sahani Saleh (Sanem) kepada posbelitung.com, Sabtu (26/3/2016).

Semula pengusulan KEK Pariwisata tersebut, Kabupaten Belitung harus bersaing dengan sejumlah daerah di Indonesia. Dari hasil rapat di Dewan KEK Nasional beberapa waktu lalu, Belitung terpilih satu-satunya berstatus KEK Pariwisata.

Selengkapnya baca edisi cetak POS BELITUNG Senin (28/3/2016).

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Edy Yusmanto
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved